Lihat ke Halaman Asli

Harga Promosi? Mungkin tidak!

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13568432841188238110

[caption id="attachment_217330" align="alignleft" width="300" caption="hidden price tag"][/caption] Dua hari yang lalu saya bersama keluarga saya berbelanja bulanan di Carrefour, Kepri Mall, Batam. Sewaktu melewati lorong minyak goreng, kami melihat Sunco dengan harga promosi Rp 20,900 (harga normal biasanya di atas Rp 23,000). Tidak ada tertulis syarat dan ketentuan di sekitarnya.

Ketika sampai di kasir dan menanyakan harga Sunco tersebut, si mbak kasir memberitahu bahwa harga Sunco tersebut adalah Rp 26,900 dan harga promosi itu berlaku apabila konsumen berbelanja Rp 100,000 terlebih dahulu. Si mbak kasir terlihat begitu tidak senang ketika saya memutuskan untuk membatalkan pembelian produk Sunco tersebut. Saya melihat ada konsumen yang baru saja keluar kasir dengan mendorong dua kardus Sunco refill yang bisa jadi tertipu dengan "harga promosi" yang dipasang di rak Sunco.

Sejujurnya, saya tidak terlalu kaget mengetahui ini karena hal-hal seperti ini bukan yang pertama kali terjadi ketika saya berbelanja di supermarket besar seperti Carrefour maupun Hypermart. Sepertinya ini adalah bagian dari "marketing" mereka untuk mendapatkan untung dari konsumen. Oleh sebab itu, sebagai konsumen kita harus berhati-hati dan teliti terutama jika membeli barang-barang dengan harga promosi, karena sebagai konsumen, sering kali kita adalah pihak yang dirugikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline