Lihat ke Halaman Asli

KKN Unisri 2020: Protokol Kesehatan Selama New Normal agar Terhindar dari Covid-19

Diperbarui: 30 Agustus 2020   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Perkembangan negara saat ini dengan adanya bencana Pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya Physical/ social distancing berdampak pada upaya yang harus dilakukan dengan melakukan perubahan model KKN yang akan dijalankan.

Pada tahun 2020 ini mengalami perubahan bentuk KKN menjadi KKN "Bali Ndeso" Cegah Covid-19, Salah satu perubahannya adalah KKN yang biasanya dilakukan secara kelompok maka pada KKN saat ini dilakukan secara mandiri (individu), KKN yang biasanya dilakukan di lokasi yang ditentukan oleh LP2M (berbasis desa binaan) maka saat ini ditentukan sendiri oleh mahasiswa berdasarkan lokasi domisili (Kampung halaman) atau dapat memilih lokasi yang keluar dari kaidah protokoler di masa pandemi Covid-19.

Perubahan model KKN ini tentunya tidak lepas dari kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang meminimalisir adanya aktivitas yang melibatkan banyak orang serta dengan adanya pergerakan mahasiswa dari tempat tinggalnya saat ini,guna membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19

Saya V. Andiria Cahya nirmal  salah satu peserta KKN dari Fakultas Hukum  Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang bergabung dalam kelompok 16 dan kegiatan KKN ini dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Untung Sriwidodo .,M.SI KKN yang berlokasi di Dusun Bulukerto RT 03/ RW 05, Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar berdurasi waktu selama 40 hari dimulai dari tanggal 23 Juli sampai 31 Agustus 2020.

Dengan memasang sepanduk peduli pencegahan virus Corona Covid-19 memberikan sosialisasi, melalui kegiatan tersebut berbagai informasi agar dapat di sampaikan kepada masyarakat, akan apa yang menjadi potensi sosial. Hal ini juga sebagai upaya dalam Penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Lindungi diri Anda dan orang lain di sekitar Anda dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19:

1. Pakai masker
Masker masih menjadi salah satu alat pelindung diri yang penting digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19. Meski sebelumnya hanya disarankan untuk orang yang sakit saja, tapi kini masyarakat juga diimbau untuk menggunakannya.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Prof Wiku B. Adisasmito, menyebut masker kain dianjurkan untuk digunakan masyarakat saat berada di tempat umum.

"Masker kain digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan saat berinteraksi dengan orang lain," kata Prof Wiku dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

2. Cuci tangan
Beberapa kasus penularan diprediksi terjadi ketika tangan yang menyentuh permukaan terkontaminasi oleh virus lalu tak sengaja memegang wajah. Virus Corona lalu berpindah dari tangan ke hidung atau mulut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline