Mojokerto, 9 Juli 2023 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan di Kabutapaten Mojokerto. Vinona Surya Wardhoyo Jurusan Ekonomi Pembangunan sebagai salah satu peserta KKN kelompok reguler 15 dengan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Achmad Yanu Alif Fianto, S.T.,MBA.
Kelompok R15 melaksanakan kegiatan di Desa Kalikatir. Desa Kalikatir, Kec. Gondang merupakan sebuah desa yang terletak di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Berbagai pengembangan yang terjadi pada desa ini salah satunya pada sektor UMKM yang berada di wilayah tersebut. Pada kegiatan KKN Reguler (Kelompok 15) pada tanggal 3-14 Juli 2023 Vinona Surya Wardhoyo sebagai peserta akan berkontribusi meningkakan guna edukasi strategi visual plan branding produk UMKM keripik pisang di Desa Kalikatir.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah /atau UMKM ialah sektor yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Value Produk saat ini bisa dibilang adalah kunci utama dalam berbisnis. Brand value secara ringkas dapat dijelaskan sebagai nilai-nilai yang membuat satu brand menjadi lebih unggul dibanding brand lainnya. Value inilah yang mampu menarik para konsumen untuk membeli produk atau layanan produsen terlepas dari berapa harga yang di kehendaki. Tetapi sebelum memasuki ke penjualan ada kalanya kita merencanakan siapa target dan sasaran dari produk kita, seperti hal nya Keripik Pisang yang saat ini banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena menjadi salah satu makanan sehat dan membuat kenyang.
Dari pelaku UMKM Keripik Pisang Desa Kalikatir, Mojokerto, Vinona selaku anggota ekonomi kreatif KKN R15 telah melakukan perbincangan dengan Bapak Hantono selaku pemilik UMKM keripik pisang. Beliau menjelaskan berbagai produksi yang di kerjakan pada usahanya, seperti halnya branding produk yang masih belum terpenuhi untuk kebutuhan pasar dan daya beli konsumen, Seperti Diversifikasi Rasa, Value Produk (Packaging), serta Kualitas Produk. Masalah inilah yang menjadi tolak ukur harus adanya strategi visual plan yang berkembang pada UMKM Keripik Pisang milik Bapak Hantono.
Pada tanggal 5 juli 2023, program kerja terkait Perancangan Visual Plan Terhadap Kualitas Branding Olahan Keripik Pisang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di Balai Desa. Kegiatan di awali dengan adanya presensi kehadiran pelaku UMKM dan dilanjut melaksanakan pengisian pre-test sebelum di lakukan pemaparan materi. Setelah mengisi kuesioner, pemaparan meteri dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan bahasan materi yang jelas. Pemaparan materi selesai di tutup dengan pengisian post-test bagi peserta pelaku UMKM.
Dengan adanya edukasi terkait perancangan visual plan branding dapat membantu dan memberikan inovasi pada produk yang dihasilkan serta daya beli konsumen yang akan berpengaruh karena adanya branding yang tepat. Visual Branding yang saya paparkan kepada UMKM Keripik Pisang semoga memberikan manfaat yang tepat dan berguna untuk lebih paham mengenai value suatu produk yang akan dipasarkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H