Lihat ke Halaman Asli

vinona surya

Mahasiswa

KKN UNTAG Surabaya: Visual Plan Branding untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Keripik Pisang

Diperbarui: 5 Juli 2023   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan Materi/Dokpri

 

Desa Kalikatir, Kec. Gondang merupakan sebuah desa yang terletak di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Berbagai pengembangan yang terjadi pada desa ini salah satunya pada sektor UMKM yang berada di wilayah tersebut. Pada kegiatan KKN Reguler (Kelompok 15) pada tanggal 5 Juli 2023 saya Vinona Surya Wardhoyo Jurusan Ekonomi Pembangunan sebagai peserta akan berkontribusi meningkakan guna edukasi strategi visual plan branding produk UMKM keripik pisang di Desa Kalikatir.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah /atau UMKM ialah sektor yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Value Produk saat ini bisa dibilang adalah kunci utama dalam berbisnis. Brand value secara ringkas dapat dijelaskan sebagai nilai-nilai yang membuat satu brand menjadi lebih unggul dibanding brand lainnya. Value inilah yang sanggup menarik para konsumen untuk membeli produk atau layanan produsen terlepas dari berapa harga yang di kehendaki. Tetapi sebelum memasuki ke penjualan ada kalanya kita merencanakan siapa target dan sasaran dari produk kita, seperti hal nya Keripik Pisang yang saat ini banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena menjadi salah satu makanan sehat dan membuat kenyang.

Proses Tanya Jawab/Dokpri

Dari pelaku UMKM Keripik Pisang Desa Kalikatir, Mojokerto yang telah saya temui untuk berbincang yakni Bapak Hantono (Pemilik UMKM Keripik Pisang) beliau menjelaskan berbagai produksi yang di kerjakan pada usahanya. Seperti halnya branding produk yang masih belum terpenuhi untuk kebutuhan pasar dan daya beli konsumen, Seperti Diversifikasi Rasa, Value Produk (Packaging), serta Kualitas Produk. Masalah inilah yang menjadi tolak ukur harus adanya strategi visual plan yang berkembang pada UMKM Keripik Pisang milik Bapak Hantono.

Dokumen Pribadi

Dengan adanya edukasi terkait perancangan visual plan branding dapat membantu dan memberikan inovasi pada produk yang dihasilkan serta daya beli konsumen yang akan berpengaruh karena adanya branding yang tepat. Visual Branding yang saya paparkan kepada UMKM Keripik Pisang semoga memberikan manfaat yang tepat dan berguna untuk lebih paham mengenai value suatu produk yang akan dipasarkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline