Lihat ke Halaman Asli

Vinna Lisdiana

Mahasiswa/Universitas Muhammadiyah Malang

Tingkatkan Kreativitas Siswa SDN 2 Girimoyo Melalui Ecoprint

Diperbarui: 8 Mei 2024   07:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sie Dokumentasi dan Publikasi

Kelompok Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Angkatan 2023 UMM Adakan Perlombaan

PPG Prajabatan 2023 Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Malang berupaya meningkatkan kreativitas siswa melalui kegiatan proyek kepemimpinan. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2024, kegiatan tersebut mengangkat tema "Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Pemanfaatan Bahan Alam Produk Ecoprint". Acara yang diselenggarakan di SDN 2 Girimoyo ini diikuti oleh sebanyak 78 siswa-siswi kelas V.

Proyek Kepemimpinan dengan judul "GENERASI" ini dilaksanakan oleh sepuluh mahasiswa PPG Prajabatan gelombang I angkatan 2023 Universitas Muhammadiyah Malang, kelompok PPL SD Negeri 2 Girimoyo. Nama-nama mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan diantaranya: 1) Dwija Asnanda sebagai ketua pelaksana, 2) Vinna Lisdiana sebagai sekretaris, 3) Felisia Nor Ekawati sebagai bendahara, 4) Amanda Yulis Wityasari sebagai sie acara, 5) Haryo Wirad Mojo sebagai sie perlengkapan, 6) Wendy Pradana sebagai sie perlengkapan, 7) Titah Meytika Santi sebagai sie publikasi dan dokumentasi, 8) Adella Putri Aprilia sebagai sie publikasi dan dokumentasi, 9) Hadita Aulia Maya Sari sebagai sie konsumsi, 10) Fina Renita sebagai sie konsumsi.

Sie Dokumentasi dan Publikasi

Perlombaan produk karya ecoprint menjadi salah satu upaya pengembangan jiwa kreativitas dan inovasi siswa. Mereka diarahkan untuk membuat sebuah produk karya tas ecoprint dengan memperhatikan aspek kreativitas, kerapian, komposisi warna, dan pengaturan motif. Aspek-aspek tersebut menjadi dasar bagi para juri untuk melakukan penilaian. Bahan alam berupa daun dan bunga dipilih oleh siswa-siswi SDN 2 Girimoyo, karena sumber daya alam ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar serta ramah lingkungan. Mereka dapat memilih jenis daun dan bunga yang mengeluarkan warna serta memilih motif daun dan bunga yang menarik. Dengan bermodalkan bahan-bahan alam tersebut, akan melahirkan jiwa kreativitas serta inovasi siswa.

"Saya bu Heni selaku wali kelas V sekaligus mewakili kepala SDN 2 Girimoyo mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PPG Prajabatan yang turut serta berkontribusi meningkatkan kreativitas anak-anak. Harapannya anak-anak dapat memetik ilmu, mengembangkan jiwa kreativitas, cinta lingkungan dan gotong royong," tutur wali kelas V SDN 2 Girimoyo (2/5/2024).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline