Lihat ke Halaman Asli

Vinna Aprilia Melati

Mahasiswa Akuntansi

Fungsi Bahasa dari Berbagai Aspek

Diperbarui: 30 Juni 2021   12:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa memiliki peranan penting baik bagi manusia ataupun negara karena bahasa merupakan alat komunikasi bagi sesama makhluk sosial dan juga identitas bagi suatu negara, hal tersebut sudah menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat. Bahasa juga kerap kali digunakan dalam berbagai konteks di suatu masyarakat.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fungsi dari bahasa, berikut dapat dilihat beberapa pengertian mengenai bahasa dari para ahli:

  • Menurut Gorys Keraf (2004:1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
  • Menurut Krisdalaksana dan Djoko Kentjono (Chaer, 2014:32), Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengindentifikasi diri.
  • Menurut Sunaryo (2006:6), Bahasa didalam struktur budaya ternyata memiliki kedudukan, fungsi dan peran ganda yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi.
  • Menurut Syamsuddin (1986:2), Bahasa memiliki dua pengertian. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.Kedua, bahasa adalah tanda tanya jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluurga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pengertian dari bahasa, yang artinya bahasa memiliki artian luas didalamnya.

Berikut beberapa fungsi dari bahasa:

Pertama, Tanpa sadar dikehidupan sehari-hari bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi dan mengekpesikan diri, dari cara kita berbahasa kita akan memperlihatkan kepada seseorang perasaan apa yang sedang kita alami pada diri kita apakah sedang senang, sedih, atau marah.

Kedua, Bahasa memiliki fungsi sebagai bahasa nasional maupun internasional. Bahasa nasional memiliki fungsi sebagai lambang kebangsaan, lambang indentitas bangsa, dan bagi negara yang memiliki keragaman suku, budaya, dan kebahasaan seperti halnya Indonesia, maka bahasa tersebut menjadi alat pemersatu bangsa dari beberapa perbedaan tersebut. Serta didalam kancah internasional bahasa berfungsi sebagai bahasa resmi di suatu negara tersebut.

Ketiga, Pada kebudayaan bahasa berfungsi sebagai sarana perkembangan kebudayaan tersebut, serta warisan dari suatu daerah. Yang mana kita ketahui bahwa di setiap daerah memiliki keanekaragaman bahasanya masing-masing dan dari situ masyarakat dapat mengetahui kebudayaan suatu daerah tertentu dengan melalui bahasa.

Keempat, Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi antarsesama, maka dalam hal ini bahasa berfungsi sebagai penyalur ungkapan baik, ide, gagasan, ataupun perasaan terhadap sesama manusia baik itu secara lisan maunpun tulisan.

Kelima, Bahasa juga berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, bahasa dapat membantu pengembangan IPTEK. Yang mana tanpa adanya bahasa maka ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat tumbuh dan berkembang.

Keenam, Dalam dunia pendidikan bahasa berfungsi sebagai alat pengatar ilmu pengetahuan, dimana baik Indonesia maupun negara lainnya menggunakan bahasa sebagai pengantar didalam lembaga pendidikan. Artinya, segala hal yang menyangkut dengan dunia pendidikan disampaikan dengan bahasa resminya.

Dari beberapa fungsi bahasa tersebut kita dapat mengetahui bahwa bahasa sangat berperan penting bagi masyarakat, negara, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada suatu negara. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline