Lihat ke Halaman Asli

Learn "SHE" from PT. Badak NGL

Diperbarui: 13 Juni 2016   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bontang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari kota Samarinda. Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, salah satunya perusahaan besar yang bergerak di bidang industri gas alam yaitu PT. Badak NGL.

Senin,30 Mei 2016, kami, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan besar tersebut. Kami memulai perjalanan kami dari sekitar pukul setengah 6 pagi menggunakan empat armada bus ukuran sedang, dan satu mini bus serta diiringi oleh mobil yang membawa dosen-dosen pembimbing kami. Cuaca hari itu cukup tidak bersahabat, dari kami pergi hingga sampai disana diiringi oleh hujan yang lumayan deras. Sesampainya di salah satu gedung pertemuan PT. BADAK NGL, kami langsung disambut oleh beberapa staff, serta petinggi PT. BADAK NGL. Beberapa menit setelah kami sampai dan diberikan snack masing-masing, pihak PT. BADAK NGL mempresentasikan materi mereka. Presentasi mereka didahului dengan video safety yang harus kami taati selama disana. Selepas video tersebut, kami disuguhi video company profile mereka yang membahas seputar sejarah berdiri, struktur organisasi, penghargaan-penghargaan yang telah mereka dapatkan selama lebih dari 33 tahun telah memberikan kontribusi yang cukup besar di perindustrian gas internasional sehingga PT. BADAK NGL dikenal sebagai perusahaan Operating Organization profesional yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Selain melakukan bisnis perindustrian gas, PT. BADAK NGL juga tidak lupa melakukan pengembangan masyarakat dalam rangka memenuhi komitmennya terhadap lingkungan sekitarnya. PT Badak NGL telah menyelenggarakan program-program pembangunan lingkungan, meliputi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keagamaan, pemuda, olahraga, dukungan untuk orang cacat, elevasi kemiskinan, pemberdayaan masyarakat dan peluang bisnis. Masyarakat di sekitarnya dapat menikmati sarana dan prasarana, yang dikembangkan, seperti konstruksi jembatan dan dermaga nelayan. Dalam bidang pendidikan, PT. BADAK NGL juga turut memberikan donasi untuk pendidikan dan penelitian yang didistribusikan melalui beasiswa untuk SD, SMP, siswa SMA di seluruh Kota Bontang dan mahasiswa Universitas Mulawarman dan Politeknik Negeri dan Politeknik Pertanian Samarinda. Perhatian PT Badak NGL pada masalah kesehatan semakin diimplementasikan. Hal tersebut tercermin dari kegiatan pelayanan kesehatan di desa-desa terbelakang, sosialisasi bahaya penggunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya melalui kegiatan kesehatan yang secara rutin dilaksanakan. Selain itu, masing-masing satu unit ambulans untuk Tanjung Laut dan Pusat Kesehatan Bontang Baru Masyarakat disediakan, serta pengembangan Posyandu (Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terpadu) bangunan di Kadere Bay, Desa Sekambing.

Dalam pelaksanaan pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat, kerjasama telah terorganisir dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam bentuk bantuan dana bergulir untuk program pengentasan kemiskinan untuk keluarga Pra Sejahtera di daerah Bontang Selatan. Selain itu, PERTAMINA, melalui PT Badak NGL juga telah mendistribusikan bantuan modal bergulir bagi usaha kecil dan koperasi di kota Bontang.

Saya semakin kagum dengan perusahaan ini setelah melihat dedikasinya untuk masyarakat sekitar dalam hal pengembangan masyarakat tersebut. Maka tidak salah jika perusahaan yang tercatat sebagai tombak dari sejarah industri PT. BADAK NGL Indonesia tersebut mengantongi banyak sekali penghargaan, diantaranya :

Achievement Of Level 8 ISRS8
 (International Sustainablity Rating System Version 8) from DNV-Norway.
 PT Badak is the first oil & gas company in the world which received
 this achievement.
 2012, December 31 Certificate of ISO 14001:2004
 Conducting of first ISO 14001:2004 audit surveillance by Lloyd's
 Register Quality Assurance (LRQA) UK
 2007, September 20 Certificate of ISO 9001:2004
 Conducting of fifth ISO 9001:2000
 audit surveillance by SGS, with no non conformance findings.
 As a result, PT Badak NGL retained its ISO 9001:2000 certificate
 2007, June 25 Certificate of ISO17025-2005,
 Laboratory Accreditation from Komite Akreditasi Nasional (KAN)
 2009, August 3 

Tidak lupa PT. BADAK NGL memberitahu bagaimana pola mereka menulis laporan tahunan sebagai bentuk pertanggung-jawaban atas berbagai penghargaan yang telah mereka terima. Setelah perusahaan BUMN tersebut selesai memaparkan materi, materi yang disampaikan bertumpu pada Safety, Health, and Environment (SHE). Terkait itu, kami diberi kesempatan untuk bertanya kepada pihak-pihak terkait melalui diskusi umum. Walaupun sayangnya tidak semua pertanyaan dijawab karena mungkin keterbatasan waktu, namun saya pribadi cukup senang mendapatkan materi yang tidak mungkin saya dapatkan jika saya tidak berkunjung langsung ke PT. BADAK NGL. Selesai istirahat, sholat, makan, kami diarahkan ke bus PT. BADAK NGL dalam rangka touring PT. BADAK NGL.

Bus yang saya tumpangi didampingi oleh seorang staff yang bernama Farhan. Ia bertanggung jawab di bagian Health, Safety & Environment EngineerPT. BADAK NGL sejak januari 2015 hingga sekarang. Pria berseragam tersebut dengan detail menjelaskan apa saja yang telah kami lihat selama perjalanan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Kadang teman-teman yang iseng “menggoda” pria kelahiran Bandung ini walaupun ia hanya membalasnya dengan senyuman. Saat sampai di tempat awal berkumpul, kami langsung bersiap-siap untuk pergi karena akan melanjutkan ke tempat selanjutnya. Kami sampai di Samarinda agak malam dikarenakan kesalahan teknis armada kami.

Walaupun begitu, saya cukup senang dengan kunjungan-kunjungan kami ke Kota Bontang. Saya cukup puas dengan ilmu yang telah diberikan oleh pemateri-pemateri yang bersangkutan, khususnya pengalaman yang telah fasilitasi oleh PT. BADAK NGL dan tentunya Universitas Mulawarman Samarinda. Semoga di masa depan, ilmu serta pengalaman ini dapat saya manfaatkan dengan baik. PT. Badak NGL saya rekomendasikan sebagai salah satu tempat yang dapat menjadi alternatif pembelajaran bagi civitas akademika.

Sekian. Semoga bermanfaat.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline