Lihat ke Halaman Asli

Wisata Religi

Diperbarui: 18 Januari 2024   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makam KH Chudlori Tegalrejo Magelang, Dukumen Pribadi

Wisata berbasis religi sedang banyak diminati oleh kalangan anak muda. Pemuda dengan latar belakang pesantren maupun tidak, saat ini banyak berbondong-bondong dalam kegiatan tersebut. 

Dilansir dari hasil wawancara salah satu pengunjung yang berada di Makam KH Chudlori Tegalrejo Magelang, sebagai berikut :

"Kalau saya lihat, setiap jumat kliwon saya ke sini tu mesti rame mbak, dan itu dari berbagai kalangan. Muda, tua, dan kalau saya lihat latar belakang pesantren juga tidak mendominasi. Malah terkadang banyak rombongan ziarah dari masyarakat umum." Ujar Mbak Husnul, salah satu pengunjung di Makam KH Chudlori Tegalrejo Magelang.

Wisata religi menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh anak muda karena dalam merealisasikan tidak perlu mengeluarkan biyaya banyak. Sebagian dari mereka, dalam melakukan wisata religi hanya datang dengan sepeda motor atau mobil pick up. Mayoritas yang berdatangan dengan sepeda motor adalah anak muda yang berdomisili tidak jauh dari tempat tersebut.

Makam-makam wali setiap hari tidak pernah sepi. Namun jumlah pengunjung akan overload pada moment-moment tertentu, seperti malam jum'at kliwon, senin sliwon, dan beberapa event lain.

Artikel ini ditulis melalui wawancara dan pengamatan di Makam KH Chudlori Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline