Lihat ke Halaman Asli

Berbagi Cerita di Sabtu Pagi pada Siswa Kelas V SDN Growong Kecamatan Tempuran

Diperbarui: 5 Juli 2022   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan literasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dalam upaya untuk menumbuhkan budaya minat membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan literasi ini dilakukan bertujuan untuk menstimulasi siswa agar mampu mengembangkan keterampilan berbahasanya seperti menyimak, menulis, membaca, dan berbicara. Selanjutnya, kegiatan literasi ini juga bermanfaat bagi siswa yaitu dapat melatih kemampuan berpikir dan menganalisa.

Pada hari Sabtu, Tanggal 02 Juli 2022, kami mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Magelang, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan sebuah kegiatan literasi yang dinamakan "Berbagi cerita di Sabtu pagi". Kami mengadakan kegiatan literasi tersebut di SD Negeri Growong yang beralamat di Desa Growong, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh siswa kelas V. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu seperti mendongeng, menulis dan bercerita.

Pada awal acara dilakukan kegiatan mendongeng tentang keledai dan katak. Pada kegiatan mendongeng ini, mahasiswa bercerita sambil meperagakan tokoh keledai dan katak. Kemudian siswa menyimak dan menceritakan kembali apa isi yang terkandung di dalam dongeng tersebut. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan game seru. Siswa sangat antusias dalam mengitusi game tersebut. Setelah melakukan game seru, siswa melakukan kegiatan menulis. Siswa menulis kegiatan di hari liburnya. Pada saat liburan sekolah, siswa diminta untuk menuliskan sebuah pengalaman selama berlibur. Setiap siswa memiliki pengalaman berbeda dalam berlibur. Acara yang terakhir yaitu kegiatan bercerita. Setelah siswa menuliskan pengalaman pada saat liburan, selanjutnya siswa menceritakan pengalaman tersebut di depan kelas. Siswa yang aktif dalam kegiatan tersebut akan mendapatkan apresiasi berupa hadiah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline