Lihat ke Halaman Asli

Cara Kerja Enzim

Diperbarui: 3 Oktober 2023   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Banyak sekali enzim yang bekerja secara bolak balik. Jadi ada enzim yang bisa mengubah substrat menjadi hasil akhir dan ada yang bisa mengubah hasil akhir kembali menjadi substrat seiring perubahan kondisi lingkungan sekitarnya. Enzim juga bersifat spesifik yang artinya setiap enzim memiliki fungsi tertentu, jadi jika enzim yang bereaksi berbeda akan menghasilkan hasil yang berbeda pula. Meliputi cara kerja enzim, cara kerjanya dibagi menjadi dua bagian yaitu :

- Kunci gembok, yang dimana enzim diibaratkan sebagai gembok karena enzim memiliki sebuah bagian kecil yang dapat berikatan dengan substrat, bagian itu disebut dengan sisi aktif dan substrat diibaratkan sebagai kunci karena dapat berikatan secara pas dengan sisi aktif atau gembok enzim. Hal ini dikemukakan oleh Emil Fisher 

- Kecocokan terinduksi, dimana pada cara ini terjadi penempelan substrat pada sisi aktif enizim yang akan menginduksi perubahan bentuk sisi aktif enzim menjadi sesuai dengan bentuk dari substrat tersebut. Hal ini dikemukakan oleh Daniel Koshland.

Itulah dua cara enzim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline