Lihat ke Halaman Asli

Vincent Henderson

CAMBRIDGE IGCSE O'LEVEL ( Bahasa Indonesia ) = A

Krisis Uang Lebanon Berujung Pembakaran Bank

Diperbarui: 20 Februari 2023   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan warga Lebanon, yang merupakan deposan bank, berunjuk rasa dengan membakar bank-bank di Beirut, Lebanon, Kamis.

Pada hari Kamis (16/2), warga Lebanon menyerang sejumlah Bank di kota Beirut karena ditetapkannya pembatasan penarikan uang di negara tersebut. Salah satu alasan kenapa Lebanon sedang diambang kemiskinan antara lain adalah karena kebijakan ekonomi yang buruk: Sejarah kebijakan ekonomi yang buruk dan kurangnya reformasi struktural dalam beberapa dekade terakhir telah menyebabkan ketidakstabilan dan inflasi di Lebanon. Kebijakan fiskal dan moneter yang tidak koordinatif, korupsi, dan sistem politik yang disfungsi telah menyebabkan penurunan investasi dan ketidakstabilan ekonomi di Lebanon.

Setidaknya ada 6 Bank yang dibakar massa pada hari kamis, selain kebijakan penarikan uang yang menyebabkan para deposan marah karena mereka berasa telah diambil haknya atas uangnya sendiri, mata uang Lebanon juga mengalami penurunan yang sangat tinggi sejak 2019 sebesar 98%.

Krisis uang Lebanon yang sudah terjadi selama beberapa tahun, menyebabkan rakyat murka apalagi ditambah tingkat kemiskinan yang makin tinggi, para massa yang makin nekat mencoba untuk mencuri uang di Bank demi mendapatkan uang simpanannya dan menyebabkan panik di negara tersebut.

Pemerintah Lebanon dianggap bersifat lamban dan pasif dan hanya menunggu bantuan dari organisasi internasional, Bank Sentral Lebanon juga dilaporkan keuangan mereka makin menipis sehingga negara itu harus menghadapi inflasi sebesar 200x lipat.

"Pemerintah perlu bergerak cepat, tetapi mereka malah tak melakukan apapun sama sekali,"

Dina Abou Zour

Pendiri Kelompok Serikat Penabung

Jumat (7/10/2022)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline