Lihat ke Halaman Asli

Vina Mustagfiroh

KKN TIM I PERIODE 2021/2022 UNDIP

Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Sains, Mahasiswa KKN TIM I Undip Lakukan Eksperimen Fisika Sederhana dengan Anak-Anak Prasekolah

Diperbarui: 11 Februari 2022   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Praktek eksperimen sains dengan anak-anak prasekolah/dokpri

Tembalang(23/01/2022) - Di masa pandemi covid-19 ini, masih banyak siswa sekolah dan anak prasekolah yang kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan mengembangkan kreativitas mengalami penurunan, karena banyaknya pembatasan-pembatasan yang dilakukan seperti sekolah daring dan sekolah Paud untuk anak prasekolah yang terpaksa berhenti karena covid-19. 

Sama halnya anak prasekolah yang dimana untuk seusia mereka sekarang merupakan usia yang baik dalam mengembangkan kereativitas yang dimilikinya, namun karena adanya pembatasa-pembatasan tersebut menjadi salah satu faktor penghambat mereka dalam mengembangkan kreativitas. 

Menurut teori perkembangan kognitif, kemampuan anak usia sekolah dasar dan prasekolah masih terkait dengan objekbersifatkonkrit, mereka hanya memahami suatu objek jika objek tadi konkrit bagi mereka. Oleh karena itu, proses belajar mengajar siswa dengan konsep yang abstrak bagi mereka hanya menjadi percuma.

Menanggapi permasalahan tersebut, Vina Mustagfiroh (20) mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro dari Fakultas Sains dan Matematika, membuat program pengenalan eksperimen fisika sederhana untuk anak-anak prasekolah di Kelurahan Kedungmundu RW 02, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

Program tersebut bertujuan untuk memberikan pengenalan eksperimen sederhana untuk anak-anak dan meningkatkan Kreativitas anak prasekolah tentang pendidikan berbasic sains.

Program pengenalan eksperimen ini dilaksanakan secara tatap muka langsung di Balai RW 02 dengan diikuti 20 anak prasekolah dan didampingi oleh Ibu Nur selaku Bunda Paud RW 02 serta ibu dari anak-anak tersebut, tentunya dengan tetap menaati protokol kesehatan. Kegiatan ini diawali dengan Mendemostrasikan secara langsung eksperimen Fisika sederhana lalu dilanjutkan praktek-praktek eksperimen. 

Setelah praktek eksperimen selesai, dilakukan review dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar eksperimen yang sudah dipraktekkan sebelumnya. Setelah eksperimen dan review selesai, dilanjut membagikan kenang-kenangan berupa alat tulis.

Pembagian alat tulis kepada anak-anak prasekolah/dokpri

Menurut Ibu Nur Selaku Bunda Paud RW 02 berpendapat bahwa, '' program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi anak-anak karena Paud RW 02 berhenti akibat covid kegiatan belajar pun ikut berhenti''

Harapan untuk program ini adalah anak prasekolah di Kelurahan Kedungmundu dapat mengenal dan mengembangkan kreatifitas mereka melalui  eksperimen sederhana yang tidak mereka ketahui sebelumnya dan dapat mengenal maupun memahami ilmu sains sejak dini dengan lebih menyenangkan.

Penulis             : Vina Mustagfiroh Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika

DPL                : Dinalestari Purbawati, SE., M.Si., Akt




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline