Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Akuntansi Biaya sebagai Pedoman untuk Menentukan Harga Pokok Produksi

Diperbarui: 8 Desember 2015   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada prinsipnya, akuntansi adalah suatu proses untuk mentransformasi input menjadi output. Input-nya adalah data akuntansi, sedangkan output-nya aladah informasi akuntansi. Data akuntansi dapat berupa data keuangan dan data nonkeuangan. Contoh data non keuangan adalah dalam pengoprasian mesin, jumlah jam kerja langsung, unit produksi, jumlah pengecekan, lama pengecekan dan sebagainya. Data keuangan saja tidak cukup untuk menilai efisiensi baya atau tujuan lainnya. Misalnya harga pokok produksi selama setahun sebesar Rp.100.000.000. Jika perusahaan ingin menentukan berapa harga jua per unit, maka perusahaan harus menetapkan harga pokok perunit. Untuk menetapkan harga poko per unit, perusahaan mmerlukan data produksi selama setahun.

***

Akuntansi biaya dianggap penting karena dapat memberikan informasi – informasi yang diperlukan dalam perusahaan, agar setiap peristiwa yang terjadi dalam perusahaan dapat diterima oleh pihak manajemen sehingga dapat membantu dalam memberikan pertanggungjawaban atas keuangan perusahaan.

Harga pokok dalam pengertian harga pokok penjualan ( cost of good sold) dan harga pokok produksi (cost of good manufactured).Harga pokok produksi merupakan jumlah biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi barang dan jasa, baik biaya bahan baku,tenaga kerja maupun lainnya dan merupakan penjumlahan dari tiga unsur biaya produksi:bahan baku,upah langsung dan overhead pabrik.

Metode penentuan harga pokok produksi tergantung dari sifat pengolahan produk didasarkan atas pesanan dan pengolahan yang merupakan produksi masa. Dengan perhitungan harga pokok produksinya yang tepat akan memperoleh harga jual yang tepat pula, pemasaranya akan lancar dan pada akhirnya perusahaan dapat berkembang dengan pesat sehingga kontinuitas perusahaan akan terjamin.

Akuntansi biaya merupakan bagian yang integral dengan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikannya informasi biaya dalam bentuk laporan biaya. Biaya (cost) berbeda dengan beban (expense). Cost adalah pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memperoleh barang dan jasa. Sedangkan beban (expense) adalah expired cost, yaitu pengorbanan yang dikeluarkan untuk merealisasi hasil. Beban ini dikaitkan dengan revenue pada periode yang berjalan. Pengorbanan yang tidak ada hubungannya dengan perolehan aktiva, barang atau jasa dan juga realisasi hasil penjualan, maka tidak digolongkan sebagai cost ataupun expense tetapi digolongkan sebagai loss. [Menurut: yanuardi82]

Tujuan atau manfaat akuntansi biaya adalah menyediakan salah satu informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan, yaitu untuk :

  1. Perencanaan dan Pengendalian Laba. Akuntansi biaya menyediakan informasi atau data biaya masa lalu yang diperlukan untuk menyusun perencanaan, dan selanjutnya atas dasar perencanaan tersebut, biaya dapat dikendalikan dan akhirnya pengendalian dapat dipakai sebagai umpan balik untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
  2. Penentuan Harga Pokok Produk atau Jasa. Penetapan harga pokok akan dapat membantu dalam :
    1. Penilaian persediaan, baik persediaan barang jadi maupun barang dalam proses.
    2. Penetapan harga jual terutama harga jual yang didasarkan kontrak, walaupun tidak selamanya penentuan harga jual berdasarkan harga pokok
    3. Penetapan laba.
  3. Pengambilan Keputusan oleh Manajemen. Akuntan biaya akan sukses jika mampu membantu manajer dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Kesuksesan perusahaan tergantung pada kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

***

Oleh karena itu, berdasarkan pemaparan di atas, akuntansi biaya merupakan ilmu yang digunakan sebagai pedoman untuk perencanaan dan pengendalian laba dan menetukan harga pokok produksi suatu barang atau jasa serta akuntansi biaya dapat memberi informasi yang diperlukan untuk menentukan jumlah biaya dari unsur-unsur biaya itu sendiri.

(Judul TA: Perrhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing pada PT XYZ)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline