Lihat ke Halaman Asli

"Buka Internet Aja!"

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kebutuhan akan informasi semakin dibutuhkan saat ini. Semakin dikenalnya teknologi ternyata tidak membuat orang puas begitu saja, malah menciptakan rasa ingin tahu yang terus-menerus. Apalagi akses terhadap informasi semakin mudah. Hal ini didukung berkat hadirnya suatu jaringan yang mampu menghubungkan informasi melalui data yang tersebar di dunia. Selamat datang di dunia Internet!

Mobilitas manusia untuk menanggapi keberadaan ide semakin tinggi. Fakta membuktikan bahwa masyarakat memiliki perhatian yang besar terhadap berbagai jenis data yang ada. Berawal dari bentuk audio dan visual, kemudian berkembang berbagai jenis data sesuai dengan kebutuhan.

Ketika kita memasuki ranah yang lebih luasseperti sosial, akan terlihat betapa pentingnya transformasi data itu diperlukan. Pada kelompok yang lebih spesifik, komunitas terlihat memiliki perhatian terhadap jenis informasi sesuai dengan konsentrasi mereka. Hal ini begitu jelas terlihat di komunitas musik yang saya ikuti.

Saya bergabung dalam suatu komunitas musik Jazz di kota Surakarta. Komunitas ini sangat edukatif. Kami belajar banyak hal tentang Jazz seperti sejarah, cabang musik Jazz, jenis irama dan musisi-musisi yang berpengaruh. Ketika sulit memahami penjelasan yang diberika, beberapa anggota serentak berkata, "Cari di Google!", "Liat Youtube aja!" atau "download mas!".

Tentu kami membutuhkan transfer data yang besar. Oleh karena itu, kami membutuhkan akses 3G Plus yang saat ini dikembangkan oleh Indosat sebagai provider yang patut diperhitungkan untuk mendongkrak proses transfer data. Ketika referensi-referensi telah didapat, lalu terlihat kegiatan yang ditunggu-tunggu, yaitu sesi sharing. Disinilah kami berbagi pengetahuan.

Perhatian kami kemudian juga tertuju pada hubungan antar komunitas karena kesadaran akan bermasyarakat. Hal ini semakin mudah dengan bergabung dalam forum-forum komunitas musik. Jarak bukan masalah, selama bisa berkomunikasi lewat forum-forum itu, mengundang komunitas luar untuk bergabung di event tahunan berikutnya sudah terencana dengan baik.

Dengan internet pengetahuan kami makin luas!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline