Lihat ke Halaman Asli

Di Belgia, Ke-300 Kalinya, Michael Schumacher Ikut Lomba Formula1

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Michael Schumacher

[caption id="" align="aligncenter" width="319" caption="Michael Schumacher"][/caption] Schumi nama panggilan dan nama akrab untuk menyapa sang legenda hidup ini,begitu besar dan fenomenal juga sekali gus kontroversi, prestasi yang pernah di buat oleh Michael Schumacher selama mengikuti kejuaraan Formula 1 sejak tahun 1991.Memulai karier nya dimulai dari balapan gokart sebelum kemudian ia pindah ke ajang single seater dan kemudian berhasil memenangi Formula König dan Formula Tiga. Ia kemudian dikontrak oleh Mercedes-Benz untuk turun di ajang Sportscar, di ajang balap Mobil Formula1 ini setelah bergabung dengan Tim Jordan untuk turun pertama kali di GP Belgia.Namun tidak sampai Finish karena kerusakan kopling di akhir lap pertama.

Sejak itulah kemampuan Schumi terus meningkat,apalagi setelah bergabung dengan Tim,Benetton sebagai pembalap utama di ajang Formula1, setelah hanya turun satu kali bersama  Tim Jordan,tidak lama lama di Benetton sang Lagendaris si Michael Schumacher langsung tancap gas dan berhasil merebut simpati baik dari Tim maupun dari penonton dan pecinta mobil balap mobil Formula1.

Belajar banyak dari seniornya Nelson Piquet,membuat schumi membuka jalan bagi Benetton untuk bisa meraih Juara Mobil Balap Formula1,karena balapan perdananya bersama Benetton adalah di GP Italia, di balapan tersebut Schumi meraih poin perdananya di ajang Formula1, bahkan ia pun mengalahkan Nelson Piquet, baik di kualifikasi.

Dengan beberapa kali naik podium sejak tahun 1992 sampai sebuah musibah menimpa Dunia balap mobil Formula1, terjadinya kecelakaan menimpa pembalap hebat,kenamaan dan terkenal dari Brasil Aryton Senna dan merenggut jiwa nya.Pembalap yang sudah mengantongi gelar juara Dunia Formula1 sebanyak 4 ( empat ) kali, pemegang rekor terbanyak juara Dunia balap mobil Foemula1 saat itu.Setelah Aryton Senna tiada,persaingan  ketat mewarnai ajang balap Mobil Formula1 ini.Pembalap yang tersisa dalam hal kemampuan tingkatnya  rata rata sama dan kalau ada yang berbeda hanya beda beda tipislah.

Pada tahun 1994 terjadi persiangan ketat diantara pembalap papan atas antara lain Mika Hakinen, Damon Hill,Alain Pros,Jean Alesi, adalah nama nama yang di favoritkan saat itu untuk menjadi Juara Dunia Formula1,tidak di sangka sangka sang legenda lah si Michael Schumacher  yang berhasil merebut Juara Dunia Formula1 tahun1994 ,dengan tunggangan mobil Benetton.Berlanjut pada tahun 1995 juga Schumacher berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia Formula1 juga dengan Tim Benetton.

Akhir tahun 1995 ,setelah pindah ke Tim Ferrari yang kondisi mereka pada saat itu berada pada keadaan yang terburuk,sehingga untuk meyakinkan Schumi tidak lah mudah,namun Tim Ferrari berhasil juga memboyong Schumi. Tidak ada prestasi yang di dapat Schumi bersama Tim Ferrari tahun ini.

Tahun 1996, bersama sama dengan Eddie Irvine.Ferrari memulai kerja sama dengan Schumi,namun belum menunjukan tanda tanda kemenangan dalam usaha merebut Juara Mobil Formula1.Karena Schumi hanya bisa menjadi Juara di seri saja dan naik podium sebanyak tiga kali.

Tahun 1997 diputuskan oleh Tim Ferrari untuk merekrut Ross Brawn dan Rory Byrne, agar menambah daya juang dan tenaga Mobil Ferrari sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Schumi.Disinilah peran Schumi terlihat bukan saja sebagai pembalap,tapi juga sebagai teman kerja Ross Braw dalam berdiskusi siang baik malam, saling, saling bertukar pikiran agar Tim Ferrari bisa berhasil.Berkat kerja sama saling take and give inilah Tim Ferrari mengalami kemajuan yang signifiacant.

Apa yang diharapkan dan di mimpikan Tim Ferrari untuk mencapai tujuan menjadi Juara Dunia Formula1 terwujud juga sejak tahun 2000,2001,2002,2003 dan 2004,sebanyak 5 kali kemenangan beruntun menjadi Juara Dunia balap mobil Formula 1, sudah diperoleh Tim Ferrari bersama Schumi .Tahun 2006 sang Lagenda mengundurkan diri.

[caption id="" align="aligncenter" width="375" caption="Santai habis"]

Santai habis

[/caption]

Machael Schumacer  berhasil meraih gelar Juara Dunia Formula1 sebanyak 7 (tujuh ) kali selama kariernya di ajang balap modil Formula1, dan membuat rekor baru yang sebelumnya dipegang oleh Aryton Senna yang hanya 4 kali.Sekarang musim 2011 – 2012 ini Schumi kembali mencoba untuk turun yang terakhir kali,sesuai kontrak dengan Mercedez.

Dari Belgia kembali ke Belgia, adalah sejarah panjang Michael Shumacher selama kariernya di ajang balap Mobil Formula1.Di Negara Belgia lah tahun 1991 sang legenda hidup Schumi untuk pertama kali ikut turun balapan Formula1. Minggu depan Schumi kembali bernostalgia di Negara Belgia untuk turun di ajang balap Mobil Formula1 dengan harapan merebut satu gelar untuk melengkapi 91 gelar yang sudah diraihnya menjadi 92 kali.

Balapan Mobil ajang Formula1 di akhir Minggu nanti di di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgiaadalah yang ke 300 kalinya Schumi turun sebagai pembalap sepanjang kariernya,dengan tekad mengulangi apa yang pernah di capai pada saat masih jaya jayanya dan merebut kemenangan pertama.

Akhir kata Schumi berkomentar seperti sbb “Spa-Francorchamps bagaikan ruang tamu bagi saya dan merupakan lintasan balap nomor satu dunia. Di sana saya pernah memulai debut, merebut kemenangan pertama, dan memastikan gelar juara dunia," kata Schumacher, Jumat (24/8/2012) di London, Inggris.

Asyik dan akan seru nanti di Belgia tempat pertama Scumi turun pertama kali, dan akan kembali ke Belgia Minggu depan,menjadi tantangan tersendiri bagi Michael Schumacher yang memilih Alonso sebagai pembalap Formula1 terbaik saat.ini, dalam mengakhiri kareirnya di Dunia balap Mobil Formula1.Semoga turun lagi di musim depan.

Salaman Dua Tangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline