Lihat ke Halaman Asli

Dua Amerika di Final Sepakbola Olympiade London 2012

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Peta kekuatan sepakbola di Dunia seperti belum bisa di alihkan ke Asia untuk saat sekarang ini,dengan penuh harapan yang tinggi dari kesebelasan Jepang dan Korea Selatan dalam ajang Olympiade di London 2012.Akhirnya kandas di babak semi final ajang sepakbola Olympiade karena masing masing kalah dari lawan lawannya. Meksiko kalahkan Jepang 3-1 dan Brasil menang lawan Korea Selatan 3-0. Memang masih dalam tahap menjanjikan akan mengatakan peta kekuatan sepakbola Olympiade diharapkan kan berpindah,namun kenyataan Dominasi Amerika Latin dan Amerika Utara masih sulit di bendung Asia.

Masuknya dua wakil Asia di babak Semi final kejuaraan sepakbola pada ajang Olympiade London 2012,memberi angin yang segar bagi sepakbola kawasan Asia ini.Jepang, semua orang di kawasan Asia ini sudah tahu bagaimana  keberhasilan Negara Matahari Terbit ini membangun sepakbola dari Usia Dini. Sekarang Jepang menuai hasilnya, setelah sekian lama berkonsentrasi pada pemain pemain muda mereka.Dengan masuk Jepang ke babak semi final di ajang Olympiade tanpa pemain Senior pun Jepang menunjukan pada Dunia Sepakbola bahwa Jepang mampu berkembang dalam bidang sepakbola.

Korea Selatan juga dari kawasan Asia sudah lebih dahulu menoreh prestasi yang membanggakan di ajang sepakbola, tingka Usia dini maupun Senior.Korea Selatan pernah menoreh prestasi tertinggi pada ajang Piala Dunia di mana saat mereka bersama Jepang menjadi Tuan Rumah.Masuk babak delapan besar dan kalah lawan AS adalah prestasi yang baik sepanjang masa.Korea berhasil mengkandaskan Italya yang nota bene adalah satu dari kekuatan sepakbola di Benua Eropa.

Apa daya pada di ajang olympiade London 2012 langkah Jepang dan Korea terhenti di babak semi final,masing masing kalah dari lawan-lawanya tadi pagi dalam usaha mencapai Final. Jepang di kandaskan oleh Negara Meksico yang buat pertama kali masuk babak Final sepakbola Olympiade sepanjang keikut sertaan mereka. Meksiko mengalahkan Jepang dengan skor 3-1.Pada hal babak pertama Jepang unggul duluan lewat Yuki Otsu pada menit ke-12.tapi masih bisa ditahan lewat pemain Meksiko Giovani dos Santos, skor 1-1 di babak pertama.Namun secara kolektivitas permianan Jepang sedikit dibawah Meksiko.Gol dariOribe Peraltadan Javier Cortes,di babak kedua menghapus mimpi Jepang.

Begitu pula dengan Negara Korea Selatan saat melawan "Raja di Raja sepakbola," Negara Brasil yang tidak habis habisnya menghasilkan pemain pemain berkualitas ,juga tidak mampu berbuat banyak,meladeni permainan anak anak Brasil ini kelihatan kemampuan Korea Selatan dalam segala hal memang kalah kelas dari Brasil.Kalah 3-0 dari Brasil menghapus harapan Korea Selatan untuk mencapai Final di ajang sepakbola Olympiade London 2012.Lewat Gol dilesatkan gelandangnya, Romulo di babak Pertama dan Leandro Damiao menambah keunggulan Brasil jadi 2-0 dan gol terakhir dari Romulo,membawa pemain ini pencetak gol terbanyak di Olympiade London 2012 dengan 6 torehan Gol.

Apapun hasil yang diperoleh oleh dua wakil Asia ini telah menunjukan kepada Dunia bahwa kekuataan sepakbola kawasan Asia tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.Ini diharapkan membuka mata FIFA dalam menentukan jatah Asia untuk Piala Dunia diwaktu yang akan datang.Diharapkan FIFA sudah menghitung ulang peta kekuatan sepakbola di semua kawasan di Dunia ini termasuk kawasan Asia,agar bisa memberi motivasi lebih pada Negara Negara di kawasan Asia ini lebih serius membangun sepkbola Professional.

SALAM GARUDA Ku Bukan Burung Perkutut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline