Lihat ke Halaman Asli

Sistem Pengendalian Manajemen PT Siantar Top Tbk

Diperbarui: 21 Juni 2024   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Profil Sejarah Pt. Siantar TOP

PT. Siantar Top, Tbk dimulai dari bentuk industri rumah tangga yaitu pada tahun 1972 di Sidoarjo dengan produk yang pertama kali dibuat adalah kerupuk ubi dengan jumlah karyawan 5 orang. Seiring dengan bertambahnya jenis produk yang dihasilkan dan juga jumlah permintaan sehingga pada tahun 1987 didirikan suatu pabrik dalam skala yang cukup besar dengan nama PT. Siantar Top, Tbk yang berlokasi di Sidoarjo(Surabaya). Perusahaan semakin berkembang pesat dan pada tahun 1996 mencatatkan sahamnya di lantai Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).

Pengembangkan usaha dan pendistribusikan produk yang dihasilkan pada tahun 1997 PT. Siantar Top, Tbk melakukan ekspansi kepulau Sumatera, khusus ke Sumatera Utara, sehingga pada tahun 1997dibangun pabrik di Jalan Raya Medan Tanjung Morawa Km 12,5 Desa Bangun Sari Kabupaten Deli Serdang dan mulai beroprasi tahun 1998,dimana jenis produk yang dihasilkan yaitu Biskuit, Mie goreng, Mie spix dan  kemudian terus bertambah hingga pada saat ini ada sekitar 30 jenis produk. Selain mengembangkan pasar dalam negeri, perusahaan juga terus mengembangkan pasar ekspor keberbagai negara di Asia, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. PT. Siantar Top, Tbk mengembangkan produk-produk makanan berkualitas dengan mengutamakan cita rasa terbaik (taste Specialist)

            PT Siantar Top Tbk sejak berkiprah di dunia korporasi membidangi penjualan produk makanan masih terus bertahan hingga saat ini, Produk yang diproduksi, dipasarkan dan di distribusikan terbilang bukan barang mewah minimal barang sekunder, namun suatu produk makanan ringanyang bukan menjadi konsumsi pokok masyarakat Indonesia. Melihat pangsa pasarnya kini ternyata makanan ringan mendapat respon positi oleh masyarakat luas terutama konsumennya. Inovasi yang baru tampak. Saat perusahaan itu meluncurkan produk barunya kopi dalam bentuk sachet, strategi pemasaran produk, jangkauan wilayah, content dan variasi produk. Satu hal yang juga penting dalam kelangsungan dan kebertahanan perusahaan ialah kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak lintas sektoral menyangkut pihak eksternal dan internalnya yakni, pemerintah,masyarakat, dan karyawan atau buruhnya juga. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan roda pemerintahan berkepentingan dalam menjaga stabilitas ekonomi negara, masyarakat menikmati barang yang dihasilkan oleh perusahaan, dan karyawan/buruh adalah mereka yang bekerja memproduksi barang dan jasa yang intinya berada di lingkungan internal perusahaan itu sendiri.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

  • Menjadi perusahaan terkemuka yang terus menerus tumbuh dan berkembang demi kepuasan bersama

 

Misi

  • Menjadi perusahaan pelopor produk-produk dengan taste specialist
  • Menyediakan produk yang kompetitif harganya, terjamin mutu, halal dan legalitasnya
  • Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bersama (stakholder's, karyawan dan masyarakat)
  • Mengembangkan keragaman produk/usaha sesuai perkembangankebutuhan pasar atau konsumen
  • Membuka kesempatan untuk pihak lain (investor), untuk bekerja sama dengan mensinergeikan kemampuan yang dimiliki usaha memperkuat dalam mengembangkan usaha

Tujuan

  • Melakukan usaha di bidang industri makanan ringan dan/atau industri lainnya yang berkaitan dengan usaha makanan ringan.
  • Melakukan usaha lain yang menunjang usaha perseroan.
  • Melakukan perbuatan hukum lainnya yang diperlukan untuk mencapai maksud dan tujuan perseroan.

2. Tata Nilai Perusahaan PT. Siantar Top tbk

CREDIBILITY        

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline