Lihat ke Halaman Asli

Vika Salwa

Mahasiswa

Dampak Kampanye di Media Sosial masing-masing Capres dan Cawapres Menjelang Pemilu 2024

Diperbarui: 18 Januari 2024   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Nama: Vika Salwa Asharra

Npm: 202110415263

Mata Kuliah: Komunikasi Politik 5A2

Dosen Pengampu: Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

Ujian Akhir Semester 2023/2024

 

 

Abstrak

Dalam Negara yang menganut sistem demokrasi, kampanye politik adalah kegiatan yang sangat penting dalam memperkenalkan kandidat kepada masyarakat. Kampanye politik juga dipahami sebagai upaya terorganisir yang berusaha untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam kelompok tertentu. Dengan tujuan untuk memenangkan pemilu tertentu, maka setiap pasangan calon perlu mempertimbangkan strategi dan perencanaan karena sangat penting untuk menetukan kemenangan calon dalam proses pemilu. Media sosial dinilai menjadi senjata yang ampuh untuk menggaet pemilih muda pemilu 2024 yang akan mendatang. Bahkan sejumlah tokoh dan politisi cukup aktif menggunakan media sosial sebagai platform komunikasi dengan masyarakat. Lembaga survei Indo Riset telah merilis hasil survey terkini mengenai elektabilitas pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka unggul atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming memiliki presentase pemilih paling setia atau stabil yaitu sebanyak 80,3%. Sedangkan dua calon lainnya yaitu paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD lebih rendah.  Survei tersebut menujukkan bahwa keaktifan dan cara paslon menggunakan media sosial sangat berpengaruh terhadap jumlah suara masing-masing paslon.

BAB I 

PENDAHULUAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline