Lihat ke Halaman Asli

Vika AzZahra

UIN Jakarta

Pekan Kebudayaan Nasional UIN Jakarta FITK: Keseruan Pojok Danarto

Diperbarui: 29 Oktober 2023   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pojok danarto UIN Jakarta PBSI/Dokpri

Pekan kebudayaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ruang tamu Pekan Kebudayaan Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan bahasa Indonesia yang bekerja sama dengan kemendikbud Ristek mengusung tema "Resonasi Budaya Islam: dari Ciputat untuk Dunia". PKN ini diselenggarakan pada  tanggal 20 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2023 Lobi Timur FITK UIN Jakarta, dalam acara ini ada beberapa karya yang ditampilkan, salah satunya yaitu Taman bacaan Danarto.

Apa Taman Bacaan Danarto itu?

Dalam PESTARAMA#4, Prodi PBSI FITK UIN Jakarta mengangkat naskah-naskah Danarto untuk dipentaskan oleh mahasiswa semester 6. Selama 1 semester, selain berlatih untuk pementasan, HMPS PBSI UIN Jakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait drama dan Danarto, termasuk bincang-bincang tentang pemikiran Danarto bersama Sapardi Djoko Damono, Radhar Panca Dahana, dan Abdullah Wong dan Haul untuk Danarto yang diisi dengan pidato Kebudayaan oleh Acep Zamzam Noer, Doa untuk Pak Dan dipimpin Zastrow Al Ngatawi, serta testimoni keluarga, sahabat dari rekan Pak Dan (Ken Zuraidi, Uki Bayu Sejati, Agus Sarjono, dan lainnya) di Jakarta. Setelah acara selesai, pihak keluarga menghibahkan koleksi buku Pak Dan yang berada dirumah beliau di Pamulang kepada Perpustakaan Prodi PBSI FITK UIN Jakarta. Sejak itu, prodi PBSI memiliki pojok Danarto.

Pada 2023, dalam rangka pekan kebudayaan naisonal UIN Jakarta bersama dengan komunitas Danarto DKK melaksanakan Workshop Inventarisasi Digital Koleksi Komunitas, serta membuka Taman Bacaan  Danarto selama PKN berlangsung. Penampilan Taman Bacaan Danarto ini bertujuan untuk merawat warisan Pak Dan dan ke depannya di harapkan menjadi ujung tombak Prodi PBSI FITK UIN Jakarta dalam menggerakan literasi sastra dan budaya bagi warga Tangsel dan sekitarnya.

pojok danarto PBSI

Siapa itu Danarto?

Danarto adalah sastrawan dan pelukis terkemuka di Indonesia ia lahir pada tanggal 27 Juni 1941 di Sragen, Jawa Tengah dan wafat pada tanggal 10 April 2018. Ayah nya bernama Jakio Harjodinomo, seorang mandor pabrik gula dan ibunya bernama Siti Aminah, seorang pedagang batik dipasar.

Sebagai seorang sastrawan Danarto telah banyak menghasilkan karya-karya seperti novel, cerpen, essai, dan juga drama. Berikut nama-nama karya yang sudah Pak Danarto terbitkan ;

Novel:

  • Asmaraloka (1999)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline