Lihat ke Halaman Asli

Ini Dia Asal Muasal "Belgian Waffle", Camilan Populer Orang Belgia di Tahun 1874

Diperbarui: 22 Maret 2021   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

travel.kompas.com

Kalian mau tahu, camilan apa yang biasanya dimakan oleh orang luar negeri di saat natal atau tahun baru? Yup! Nama makanannya yaitu Waffle. Pasti banyak orang yang sudah tahu mengenai makanan populer ini bukan? Cita rasa yang manis, dan taburan topping yang beraneka ragam yang membuat lidah bergoyang dan menggugah selera ini wajib kalian coba guys! Jika tidak, kita pastikan kalian akan menyesal! Haha.

Selanjutnya nih, makanan seperti apakah "WAFFLE" itu guys? Bagi orang Indonesia, mungkin tidak akan asing lagi dengan nama makanan manis satu ini. Perpaduan rasa yang gurih dan manis memang menjadi makanan yang sebagian besar orang Indonesia suka. 

Di Indonesia sendiri, waffle adalah camilan sejenis kue yang sering dibeli mulai dari anak- anak sampai orang dewasa. Mungkin, kalian jika berkunjung di Indonesia, ingin memakan makanan satu ini, ya harus berkunjung ke kafe terlebih dahulu, karena memang waffle dominan dijual di sana, dengan harga yang cukup mahal. Lain halnya di luar negeri, justru waffle digunakan sebagai kudapan makanan pokok bagi mereka dan menjadi salah satu hidangan spesial dan digunakan juga sebagai bekal  menu sarapan. 

Sejarah Waffle sendiri bagaimana sih kak? Apakah memiliki asal- usul yang belum terselesaikan, atau sudah ditemukan orang yang pertama kali membuat makanan cantik ini? Dan ditahun berapa waffle ini tercipta? Oke! Sabar guys Haha. Kita akan menjawab pertanyaan kalian satu per satu, dan akan kita tuntas sampai selesai pembahasan sejarah makanan yang bernama Waffle ini ya! Let's Go! 

www.landolakes.com

Kalo kita bercerita tentang sejarah Waffle dan pengertiannya nih. Waffle sendiri mempunyi arti yaitu makanan khas dan diciptakan di negara Belgia yang terkenal selain dari makanan lainnya. Memang, Belgia sendiri merupakan negara yang mempunya makanan manis yang terkenal yaitu "coklat". Tetapi, waffle sendiri juga tidak kalah populernya dengan coklat. Waffle sendiri oleh orang Belgia sering disebut dengan Belgian Waffle atau Waffle khas Belgia.

Sekarang, kita akan bercerita sedikit mengenai sejarah terbentuknya Waffle di negara Belgia itu bagaimana. Yuk! Kita simak bersama guys! Waffle sendiri memang memiliki sejarah yang panjang. Makanan yang berfungsi sebagai menu sarapan ini, merupakan suatu pola makan yang sudah biasa orang Belgia lakukan setiap paginya. Di negara itu pula, Waffle diciptakan dengan berbagai variasi dan bentuk yang berbeda. 

Waffle memang banyak disebutkan di berbagai menu resep diciptakan pertama kalinya pada tahun 1874. Tetapi, kita sampai sekarangpun belum mengetahui secara pasti siapa penemu makanan cantik ini yang sebenarnya. Untuk kata "Waffle" sendiri untuk kali pertama tu muncul mungkin sekitaran tahun 1604 di literatur Brussels. Sedangkan, di karikatur kemerdekaan Belgia disebutkan bahwa muncul nya pertama kali pada tahun 1830 loh guys! Wow! Sudah lama sekali bukan? 

Iya! Memang benar! Tetapi, tidak hanya itu saja guys, di dalam gambar yang terdapat Tahta Willem I, raja pertama Belanda dan Grand Duke of Luxembourg, di sana pun juga terdapat gambar makanan Waffle di dalamnya. Gambar itu, bersebelahan dengan dua tipe bir Brussels. Untuk Industri Waffle sendiri muncul di Belgia mulai awal abad ke-19. 

Tidak sedikit juga, keluarga Brussels yang membuka toko Waffle di sebelah rumah mereka maupun di daerah pinggiran. Ada satu lagi keluarga pembuat Waffle panggang yang mereka cara membuatnya ditambahkan pula ragi di dalam adonannya itu. 

Dari situlah, dari Waffle banyak negara sebelah Belgia, yang mulai mengenal Belgia karena kepopulerannya di bidang makanan. Waktu itu negara yang mulai mengetahui adanya Waffle itu antara lain ada Perancis, Belanda, dan Jerman. 

Di dunia Internasional pun, Waffle ini cepat terkenal pula karena makanan ini muncul di World Fair tahun 1964 yang digelar di New York. Stan disitu mereka menamakannya dengan 'Bel-gem' dan dikelola oleh Murice Vermeersch. Mereka menghidangkan sekitar 2.500 waffle setiap harinya dengan topping strawberry dan whipped cream.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline