Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kalimat perayaan ulang tahun? Apa yang Anda pikiran antara lain: makan-makan, tiup lilin, hadiah, kue ulang tahun, liburan dengan kekasih hati atau keluarga? Perayaan ulang tahun seorang artis dengan mengundang anak panti asuhan ke acara potong kue memang sudah hilir mudik di layar kaca. Bagaimana kalau yang berulang tahun adalah sebuah hotel?
Mungkin yang Anda bayangkan adalah kemewahan jamuan makan malam, dentingan minuman alkohol atau pesta semalam suntuk dengan dentuman musik di mana menjadi kewajaran untuk kaum urban. Apakah bila Saya menyebutkan program Corporate Social Responsibility(CSR), anda memikirkannya sebagai bentuk perayaan ulang tahun sebuah hotel?
Sebelum melangkah jauh, maka Saya akan menjelaskan sedikit apa yang disebut Corporate Social Responsibility(CSR) atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan dalam bahasa Indonesia.
CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan sekitar. Bukan hanya pada konsumen, masyarakat, komunitas namun juga pada karyawan serta pemegang saham. Terdapat enam model CSR: Cause Promotion, Cause Related Marketing, Socially Responsible Bussiness Practice, dan Corporate Philanthropy, Community Voluntering
CSR juga memberikan efek positif pada sisi branding perusahaan dari sudut pandang para pencari lowongan kerja. Dengan pemikiran bahwa jika perusahaan bisa melaksanakan CSR pada masyarakat umum yang notabene pihak luar, maka pemenuhan kesejahteraan karyawan tentu sudah tak perlu dipertanyakan. Dari sisi konsumen juga tentu mendapat dampak dari program CSR yaitu meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Di mana perusahaan juga mempunyai andil dalam bidang sosial juga dalam menjalankan bisnisnya.
Pemikiran ini ternyata juga disetujui pihak manejerial Gaia Cosmo Hotel. Acara pertama saat perayaan ulang tahun ke-2 Gaia Cosmo Hotel adalah program CSR ke Panti Asuhan Tunas Harapan yang berlokasi di Jl. Kenari.. Langkah bijak menurut Saya karena dipilih menjadi bagian utama dari perayaan ulang tahun pada 27 Juni. Perusahaan tidak melupakan bagian penting dari tanggung jawab sosial perusahaan. Tentu langkah tersebut tepat bagi menguatnya branding hotel di masyarakat pada umumnya.
Pada jamaknya perayaan ulang tahun juga akan berkaitan dengan acara tiup lilin. Bertempat di hall lantai M, dihadirkan sebuah perayaan ulang tahun internal lengkap dengan makan malam dengan menu khas Semeja Restoran. Namun bagi Gaia ternyata juga dimaksudkan bukan sekedar perayaan. Acara ini juga berisi pemberian plakat Trip Advisor kepada Gaia Kosmo Hotel berkaitan dengan kualitas pelayanan kepada tamu.
Jika CSR juga berkenaan dengan SDM, maka karyawan Gaia atau yang sering disebut Cosmonian juga mendapat perhatian dari pihak manejerial PT Gaia Kencana. Sederet hadiah mulai dari LCD TV sampai jam tangan menjadi doorprize yang dipandu oleh Alit jabang Bayi sebagai MC. Tentu saja bukan hanya penyemarak suasana pesta semata namun sebagai bentuk penghargaan atas kinerja para karyawan. Seperti yang diketahui khalayak umum.