Lihat ke Halaman Asli

Vie hamadah Akbar

Jabatan fungsional perencana

Optimalisasi Perencanaan Menggunakan Aplikasi GIS/SIG Sistem Informasi Geogesial

Diperbarui: 10 Juli 2022   05:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang dilakukan dengan tetap mendasarkan pada data dan informasi yang akurat, valid dan akuntabel. Selanjutnya ketercapaian sasaran dan ketersediaan data menjadi ukuran utama yang sangat penting.

Hasil evaluasi tersebut kemudian dibahas bersama untuk bahan penyusunan tema, Sasa ran, Arah Kebijakan, dan Prioritas Pembangunan tahunan yang direncanakan berdasarkan data dan informasi yang dimiliki.dalam dua tahun ini tidak sesuai dengan kebutuhan kondisi dilapangan, untuk capaian kinerja tahun 2020 adalah 86,22 % sedangkan capaian kinerja tahun 2021 adalah 73,22%. dalam pembangunan sarana pendidikan tingkat sd dan smp.

berkaitan hal tersebut kbutuhan sarana sekolah menjadi selaras dalam mendukung Tujuan Goal sdgs 4 tentang pendidikan berkualitas yaitu Target 4.1. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas, yang mengarah pada capaian pembelajaran yang relevan dan efektif. indikatorAngka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI/sederajat.dan SMP/MTS/sederajat, dimana kesediaan sarana gedung sekolah dalam meningkat standar pelayanan minimal

Berkaitan dengan hal tersebut, Bappeda Kabupaten Bekasi melakukan inovasi dalam mengoptimalkan perencanaan dengan menggunakan aplikasi Sigedik yang merupakan sistem informasi geografis. Sarana pendidikan berbasis peta yang dapat menangkap kebutuhan sarana sekolah yang lengkap dengan mengetahui tingkat kondisi bangunan yang rusak berat secara keseluruhan sehingga dapat menentukan arah kebijakan dan prioritas pembangunan dalam dokumen..

perencanaan. Data kerusakan sekolah disediakan langsung dari pihak sekolah melalui website, sehingga memudahkan pihak sekolah untuk melaporkan kerusakan sekolah dan menjadi data baseline untuk pembangunan sarana pendidikan dimana baseline tersebut dapat digunakan untuk menyiapkan data yang dibutuhkan melalui proses pembangunan menggunakan Dana DAK dan CSR, untuk percepatan pembangunan sarana pendidikan di kabupaten. Bekasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline