Lihat ke Halaman Asli

Gelar Pelatihan Digitalisasi Media Kerja, KKN 112 Tingkatkan Efektivitas Kinerja Perangkat Desa Cangkring

Diperbarui: 20 Agustus 2024   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Digitalisasi Media Kerja di Balai Desa Cangkring/dokpri 

Pelatihan digitalisasi media kerja digelar oleh Mahasiswa KKN Universitas Jember Kelompok 112 sebagai upaya dalam peningkatan efektivitas kinerja dari pemerintahan Desa Cangkring. Kegiatan pelatihan digelar di pendopo Balaidesa Cangkring pada (19/8). Melalui pelatihan tersebut perangkat Desa Cangkring dan pemuda desa turut hadir dan mengikuti pemaparan materi sampai dengan sesi pelatihan dilaksanakan. 

Mahasiswa KKN 112 inisiasi kegiatan pelatihan digitalisasi perangkat kerja sebagai upaya dalam mempermudah penggunaan media dan peningkatan efektivitas kinerja oleh perangkat yang diharapkan mampu membantu serta memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan di Desa Cangkring. 

Kegiatan pelatihan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan pembukaan acara dan sambutan dari koordinator KKN di Desa Cangkring dan Sekretaris Desa Cangkring sebagai wakil dari kepala desa. Melalui sambutannya Pak Mahfud, Sekdes Desa Cangkring, memaparkan bahwa pentingnya pengenalan dan penggunaan media online yang praktis guna memberikan kemudahan dan waktu yang efektif dalam pengerjaan tugas di Desa Cangkring. Bersama dengan sambutan tersebut kegiatan pelatihan resmi dibuka dan dimulai.

Melalui kegiatan pelatihan tersebut juga diberikan pemaparan materi mengenai media-media kerja online yang praktis dan kegunaannya. Beberapa bentuk media kerja yang dikenalkan pada materi tersebut meliputi google documents, google spreadsheet, canva, convert PDF, dan google form untuk pembuatan surat online. 

Pemaparan materi tersebut sebagai pengantar dalam kegiatan untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan media yang akan digunakan dalam pelatihan. Selain mengenalkan jenis media yang ada, dalam pemaparan materi juga diberikan gambaran mengenai fungsi dan cara kerja media tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan pengoperasian media kerja yang ada. Melalui sesi pelatihan ini, mahasiswa KKN memberikan contoh cara kerja dan fungsi dari media kerja yang ada secara langsung. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perangkat kerja dan pemuda yang hadir dengan turut mempraktikkan melalui perangkat masing-masing. Bersamaan dengan usainya sesi pelatihan kegiatan sosialisasi digitalisasi ditutup dengan foto bersama mahasiswa KKN, perangkat desa, dan pemuda desa yang hadir.

(KKN UMD Kelompok 112 UNEJ)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline