Lihat ke Halaman Asli

fia rachim

tuangkan semua yang ada dalam fikiranmu dalam bentuk tulisan-tulisan yang bernilai dan berkualitas

Intelegensi Otak Manusia

Diperbarui: 11 Mei 2022   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

INTELEGENSI OTAK MANUSIA

Siapa orang cerdas itu ?

Sejak dahulu banyak orang yang berpendapat dan percaya bahawa orang yang sukses hidupnya ditentukan oleh kecerdasannya. Namun apa itu kecerdasan? Dan bagaimana bentuknya ? dalam pertanyaan ini masih menjadi misteri yang masih harus banyak digali dan didalami. Meskipun demikian, para ahli ilmuan selalu berupaya untuk mengembangkan berbaagai kecerdasan.

Dalam hubungannya antara otak dan kecerdasan manusia tidak bisa diketahui secara pasti. kecerdasan sendiri memiliki makna properti dan pikiran yang mencangkup banyak kemampuan mental yang terkait, seperti untuk kemampuan berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, dan masih banyak lagi. Selain itu kecerdasan juga masih dikelompokkan menjadi 10 macam pembagianya meliputi :

Seperti kecerdasan verbal linguistik/ kecerdasan bahasa yang berhubungan erat dengan membaca, menulis, dan bahasa. Kemudian kecerdasan logis/ matematika ialah kecerdasan yang berperan dalam mengelola angka dan kemahiran seseorang dalam menggunakan logika dan akal sehat. 

Biasanya kecerdasan ini ditemukam pada orang-orang  yang suka bermain dengan angka-angka, kemudian kecerdasan ruang/visual yang mengacu pada pengertian yang tepat tentang ruang, visualisasi, dan kemampuan untuk menunjukkan perasaan, setelh itu juga ada kecerdasan musikal yakni kecerdasan yang berhubungan dengan suara, ritme dan irama, kecerdasan fisik orang yang memiliki kecerdasan ini pandai menggunakan seluruh tubuh untuk mengunkapkan pikiran dan perasaan. Mereka mempunyai keahlian fisik khusus, seperti keseimbangan, koordiinator dan lain-lain. 

Dan kecerdasan yang keenam ialah kecerdasan intrapersonal, kecerdasan yang membuat seseorang yang memilikinya mempunyai kemampuan stasioner, yaitu kemampuan untuk menjadi netral dan tidak  bisa dipengaruhi oleh emosi, keyakinan, dll ketika melihat masalah, kecerdasan natural melibatkan kemampuan untuk mengenal bentuk-bentuk alam disekitar kita seperti bunga, pohon, hewan serta flora atau fauna lainnya. Dan yang terakhir yakni adaalah kecerdasan finansial.

Nah dari beberapa cakupan materi tersebut ternyata setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Sedangkan otak manusia merupakan alat organ vital dan kompleks yang dilindungi oleh tengkorak dan selaput otak (myline) yang terdiri dari sejumlah jaringan dan miliaran sel saraf pendukung serta terhubung dengan tulang belakang, dan fungsi dari otak sendiri ialan menjadi pusat perintah dan sistem saraf pusat pada tubuh manusia.

Itu tadi perbedaan antara otak dengan kecerdasan, selanjutnya masih membahas tentang otak apakah otak kanan dan otak kiri itu ada ? atau hanya mitos saja ?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut yuk simak pembahasan kali ini …

Otak manusia hanya didominasi oleh sebagian otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan merupakan otak yang identik dengan hal-hal yang bersifat kreatif dan artisik, sementara otak kiri cenderung dapat berpikir secara logis dan analitis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline