Lihat ke Halaman Asli

VIANI KURNIAWATI

Mahasiswa universitas Aisyiyah Yogyakarta

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Penghasilan

Diperbarui: 21 Januari 2022   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di era digital, adanya media social tidak hanya untuk berkomunikasi. Media social ini bahkan berperan sebagai penghasil uang, bukan hanya itu media social juga menjadi salah satu strategi bisnis agar dapat menghasilkan uang dan bisa mengembangkan sebuah bisnis atau usaha. Kegiatan mengembangkan bisnis ini, salah satunya mempromosi atau memasarkan bisnis. Bisa juga disebut sebagai online marketing yang menjadikan pengusaha kecil bisa berkembang.

Karena mayoritas masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan waktu nya untuk membuka media social. Maka dari itu,media social ini bisa dimanfaatkan oleh para pemula pembuka bisnis,dengan cara mempromosikan bisnis melalui Whatapps, Intagram, Tiktok bahkan bisa dengan menggunakan metode Endorsement. Selain itu dengan adanya teknologi yang canggih ini bisa sangat membantu ekonomi seseorang yang sedang merosot.

Bukan hanya itu,media social ini juga bisa membuat para pembisnis bergabung dengan komunitas bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar pikiran atau bahkan bertukar strategi bisnis, agar bisnis tersebut bisa berkembang besar. Bahkan melalui media social ini bisa membangun sebuah reputasi yang baik dengan cara membuat konten yang positif untuk para konsumen dan untuk para netizen. Agar konten tersebut bisa bernilai positif dan mendapatkan reputasi yang baik.

Media social juga bisa membantu seseorang untuk mencari sumber informasi perkerjaan,dengan adannya media social ini bisa sangat membantu para graduation untuk bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Karena media sosisal ini sudah tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Dengan adanya media social ini sangat memudahkan seseorang, untuk berkomunikasi, mencari informasi bahkan untuk mencari penghasilan.

Di era modern ini media social sudah sangat banyak dimanfaatkan oleh para Artis, Influencer, Selebgram bahkan Pembisnis, yang berlomba-lomba memanfaatkan media social sebagai penghasilan tambahan. Saat ini banyak sekali Youtubers pemula yang mencari penghasilan dengan cara membuat konten di YouTube atau di Tiktok. Dengan begitu mereka bisa menghasilkan uang dari media social. 

Hal-hal tersebut adalah contoh pemanfaatkan media social sebagai mata pencarian,bahkan masih banyak yang belum di sebutkan. Karena banyak sekali yang memanfaatkan teknologi yang canggih ini. Dengan begitu, ini bisa menjadi bukti bahwa media social tidak hanya memberikan dampak negative saja, tetapi banyak dampak positif nya salah satunya yaitu, sebagai media penghasil uang serta sebagai ladang pekerjaan dan pastinya ladang informasi untuk para pencari kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline