Lihat ke Halaman Asli

Guruku Pahlawanku

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Banyak orang sukses itu berawal dari belajar dan pendidikan. Guru merupakan salah satu peran utama dalam kesuksesan hidup kita. Hampir setiap orang mengenyam pendidikan formal yakni sekolah. Home schooling atau sekolah negeri atau sekolah swasta, itu semua diajarkan oleh Guru. Betapa mulianya pekerjaan sebagai guru.

Guruku aku bisa menulis karena engkau

Aku bisa membaca juga karena engkau

Aku bisa memahami arti kata juga karena engkau

Banyak yang aku bisa itu semua karena engkau

Tapi mengapa banyak orang yang tidak menghargai engkau setelah berhasil

Apabila tidak ada engkau, bagaiamana akau saat ini

Terimakasih atas jasa mu yang tidak pernah teputus

ouh guru ku....

Tapi sayangnya di Indonesia ini, guru itu masih kurang dihargai dengan baik dan pantas. Walaupun memang sudah ada sertifikasi, tetapi untuk mendapatkans sertifikasi ini persayaratannya sangat ribet sekali, terutama bagi guru yang sudah cukup tua. Karena kemajuan IT yang membuat mereka tidak dapat berbuat banyak. Dan pemerintah yang menuntut banyak kepada guru setelah guru mendapatkan sertifikasi.

Padahal sertifikasi ini layak didapatkan untuk guru. Karena kerja kerasnya mengajar siswa/siswi di sekolah dari berbagai kalangan dan sifat. Ada yang nakal alias tidak mau diatur oleh banyak peraturan yang dibuatkan oleh sekolah kepada murid; dan ada yang nurut pada peraturan serta mengumpulkan tugas dengan baik; dan ada pula yang males berangkat ke sekolah, karena berpikir lebih asik bermain game online atau nongkrong di warung; dan yang terakhir ada yang ingin sekolah tapi tidak diperbolehkan sekolah oleh orang tuanya, karena orantua murid tersebut berpikir, daripada sekolah lebih baik mengurusi hewan ternak seperti kambing yang dapat menghasilkan uang.

Hal tersebut benar-benar terjadi dalam dunia pendidikan. Maka dari itu kerja keras untuk menjadi seorang guru, terutama guru yang di perbatasan atau daerah terpencil dengan murid yang antusias dengan pendidikan tapi terdapat keterbatasan pada pendukung media pendidikan itu sendiri. Ini sangat disayangkan, karena perjuangan murid serta guru untuk datang ke sekolah itu sangat sulit. Tetapi pemerintah daerah yang kurang memerhatikan daerah terpencil. Dan yang menginginkan untuk kerja di perbatasan atau daerah terpencil sangat jarang sekali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline