Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Patty Hearst, Korban Penculikan yang Menjadi Pelaku Kejahatan

Diperbarui: 15 Juni 2023   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Patti_Hearst.jpg

Patty Hearst

        Patricia Campbell Hearst (20 Februari 1954) menjadi sumber berita media internasional di pertengahan tahun 1970-an saat dirinya diculik kelompok teroris SLA (Symbionese Liberation Army) dan berubah menjadi anggota perampok bank. Patricia adalah cucu tokoh media terkenal William Randolph Hearst sehingga berita penculikannya menjadi perhatian dunia di bulan Februari 1974. Hanya terjadi kontak berupa rekaman suara Patty dan suara penculik yang minta tebusan berupa sumbangan dana yang diberikan pada kaum miskin. Setelah keluarga Hearst melakukannya dan berakhir dengan kekacauan, SLA tetap tidak membebaskan Patty.

        Bulan April 1974 dia menyatakan bergabung dengan gerakan SLA dan mengganti nama menjadi Tania. Dia terekam kamera video bank di San Fransisco sedang merampok sambil membawa senjata dan menjadi buronan polisi dan FBI. Bulan September 1975 Patty berhasil ditangkap dan didakwa dengan tuduhan merampok bank serta kejahatan lainnya.

        Psikiater yang memeriksanya menyatakan dia mengalami cuci otak oleh SLA sementara psikiater yang ditunjuk pengadilan menyatakan sebaliknya. Maret 1976 dia dituntut 35 tahun penjara tapi hanya dijatuhi 7 tahun lalu mendapat pengurangan dari Presiden Jimmy Carter dan bebas bersyarat dengan masa percobaan tahun 1979. Dia mendapat pengampunan dari Presiden Bill Clinton bulan Januari 2001.

        Usai keluar dari penjara, Patty menikah dengan polisi yang mengawalnya selama masa jaminan dan memiliki dua putri. Dia menulis kisah hidupnya dalam memoar berjudul Every Secret Thing (1981) dan tampil dalam sejumlah film, menjadi sumber inspirasi cerita buku dan episode serial televisi. Kisah hidupnya juga dibuat film yaitu Patty Hearst (1988), Guerilla: The Taking of Patty Hearst (2004) dan lain-lain.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Patty_Hearst




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline