Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Charley Parkhurst, Wanita Kusir Kereta Yang Menyamar Sebagai Pria

Diperbarui: 6 Juni 2023   04:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://truewestmagazine.com/article/the-three-charleys/

Charley Parkhurst

        Charley Darkey Parkhurst yang bernama asli Charlotte Darkey Parkhurst (1812- 1879) bekerja sebagai kusir kereta pos, petani dan peternak sebagai laki-laki. Setelah wafat, identitas jenis kelaminnya baru terungkap dan menjadi berita nasional. Dia lahir di Sharon, negara bagian Vermont, dari orangtua bernama Ebenezer dan Mary Parkhurst. Ketika ibu dan kakak laki-lakinya meninggal, dia dan kakak perempuannya dikirim ke panti asuhan.

        Parkhurst kabur dari panti asuhan di usia 12 tahun dan menyamar sebagai anak laki-laki bernama Charley. Dia bertemu Ebenezer Balch yang mengadopsi dan melatihnya merawat kuda. Parkhurst memiliki bakat dengan kuda dan berlatih menjadi kusir dengan satu lalu empat dan enam kuda. Saat terjadi Demam Emas (1848 -- 1855) dia pergi ke California dan menjadi kusir kereta pos yang mengantar dan mengirim surat, barang dan penumpang.

        Dia pernah mengalami cedera kehilangan satu mata akibat ditendang kuda. Hal ini membuatnya dijuluki One Eyed Charley dan Cockeyed Charley. Berkat ketrampilannya sebagai kusir, dia meraih reputasi dan popularitas dan dijuluki Six-Horsed Charley. Setelah muncul kereta api dan rel yang melintasi negara bagian, dia pensiun dan menjadi petani, tukang kayu dan peternak ayam.

        Parkhurst wafat karena rematik dan kanker lidah. Saat tubuhnya diperiksa dokter, dia diketahui sebagai perempuan dan menyebabkan sensasi karena tidak pernah ketahuan hingga akhir hayatnya. Kisah hidupnya menjadi dasar karya antara lain biografi dan memoar fiksi, novel fiksi sejarah dan salah satu tokoh dalam acara museum Autry National Center of Los Angeles berjudul Out West (2009-2010).

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Charley_Parkhurst




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline