Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Dewi Mitologi Norse (Bagian III)

Diperbarui: 4 Juni 2023   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.istockphoto.com/id/vektor/palu-mjolnir-thor-gm1396667185-451342221

Valkyrie

        Prajurit wanita Odin yang bertugas membawa jiwa-jiwa prajurit yang mati di medan perang. Prajurit yang gugur itu ditempatkan di Valhalla, aula besar di Asgard, dijamu dengan pesta mewah setiap hari sampai datangnya Ragnark; pertempuran penghabisan antara para dewa dan pasukan manusia melawan para raksasa dan monster.

Norn

        Tiga dewi takdir. Urd adalah pemegang takdir masa lalu, Verdandi adalah pemegang takdir masa kini dan Skuld adalah pemegang takdir masa depan.

Frigg

        Istri Odin. Dewi pernikahan, kesuburan, rumah tangga, ratu para dewa Aesir. Ibu dari Baldr dan Hodhr. Suatu hari Baldr bermimpi buruk, melihat kematiannya sendiri lalu memberitahu Frigg. Dalam usaha melindungi putranya, Frigg memerintahkan semua mahluk hidup dan benda di alam bersumpah untuk tidak melukainya, namun lupa atau tidak peduli dengan pohon Mistletoe.

        Loki melihat para dewa membuat permainan mencederai Baldr yang kebal terhadap serangan apapun. Sesuai dengan sifatnya yang culas, dia menyamar menjadi wanita tua dan mengobrol dengan Frigg yang bercerita bagaimana Baldr tak bisa dilukai tapi tidak meminta sumpah pohon Mistletoe. Loki lalu mengambil ranting Mistletoe, membuat ujungnya tajam, lalu menyerahkan pada Hodhr, saudara Baldr yang buta untuk melemparnya ke arah Baldr. Baldr tewas dan membuat Frigg bersedih dan meratap.

Sumber: https://en.vikidia.org/wiki/List_of_Norse_gods_and_goddesses




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline