Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Bianca Castafiore dan Smurfin, Dua Tokoh Wanita Komik Eropa

Diperbarui: 2 Juni 2023   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: https://tintin.fandom.com/wiki/Bianca_Castafiore?file=Castafiori-galeria-personajes-COPYRIGHT-Las-Joyas-de-la-Castafiori.png

Bianca Castafiore

        Bianca Castafiore adalah penyanyi opera kreasi Herg dari komik Tintin. Menjadi tokoh wanita paling menonjol dengan sifatnya yang ceria, narsis, modis, menyukai perhiasan dan selalu salah menyebut nama Kapten Haddock, sahabat setia Tintin. Pertama kali muncul dalam Tongkat Raja Ottokar tahun 1939 dengan penampilan wanita paruh baya namun menjadi lebih menarik dan modis dalam kemunculan di komik-komik Tintin lainnya. Castafiore dibuat berdasarkan penyanyi sopran Yunani Maria Callas.

        Namanya dalam bahasa Italia berarti Putih (Bianca) dan Bunga Castle (Castafiore). Dia dijuluki "Si Burung Bulbul dari Milan". Lagu andalannya adalah Jewel Song dari Opera Faust karya Gounod. Walau hanya muncul dalam 6 judul dari 24 komik, namun kepribadiannya yang unik memberi kesan kuat dan selalu diingat penggemar Tintin.

Smurfin

Sumber Gambar: https://smurfen.fandom.com/nl/wiki/Smurfin?file=Smurfin.jpg

        Smurfin atau Smurfette (Prancis: La Schtroumpfette) adalah nama mahluk kecil biru bertopi putih yang diciptakan penyihir Gargamel dalam usahanya untuk mengacaukan para Smurf yang dibencinya. Muncul pertama kali dalam majalah Spirou tahun 1966 sebagai tokoh baru dari komik Smurf ciptaan Peyo (Pierre Culliford) dari Belgia.

        Awalnya Smurfin berpenampilan buruk dan tidak menarik para Smurf sehingga selalu dirisak dan dipermalukan. Papa Smurf, pemimpin para Smurf merasa kasihan padanya lalu mengubahnya menjadi cantik hingga membuat para Smurf jatuh cinta dan menyebabkan kekacauan seperti yang diinginkan Gargamel. Setelah mengaku sebagai ciptaan Gargamel, Smurfin ditahan dan disidang namun kemudian dibebaskan. Karena dia telah memiliki bagian diri Smurf sejati, kepribadiannya menjadi baik. Dalam kisah-kisah selanjutnya Smurfin menjadi bagian dari warga desa Smurf.

        Dalam versi layar lebar, Smurfin menjadi satu-satunya tokoh utama wanita pada dua film pertama (2011 dan 2013). Dalam film ketiga yang sepenuhnya animasi (2017), dia menjadi tokoh utama yang menemukan sebuah desa Smurf yang dihuni oleh Smurf wanita. Gargamel yang selalu berusaha mencari Smurf berhasil menemukan dan menangkap semua Smurf untuk dijadikan bahan ramuan sihir. Smurfin mengorbankan diri untuk menyelamatkan para Smurf. Setelah Gargamel dikalahkan, Smurfin berhasil hidup kembali karena pengaruh sihir yang memancar dari dalam diri para Smurf.

Sumber: https://tintin.fandom.com/wiki/Bianca_Castafiore, https://en.wikipedia.org/wiki/Smurfette




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline