Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Janis Joplin, Penyanyi Atraktif yang Tergabung dalam Klub 27

Diperbarui: 31 Mei 2023   03:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: https://commons.wikimedia.org/

Janis Joplin

        Janis Lyn Joplin (19 Januari 1943 -- 4 Oktober 1970) dikenal karena penampilannya yang atraktif dan mampu memikat penonton disertai kualitas suara di atas rata-rata. Dia mulai terkenal sejak tahun 1967 saat tampil bersama band Big Brother and the Holding Company di Monterey Pop Festival dan kemudian berkarir solo.

        Joplin hanya membuat empat album serta tigabelas singel selama karirnya yang singkat namun menjadi inspirasi banyak penyanyi generasi selanjutnya. Karyanya antara lain Cheap Thrills (1968), Piece of My Heart (1968), Kozmic Blues (1969), Pearls (1971 pasca wafat), Cry Baby (1971), Down on Me (1972) serta album kompilasi dan film dokumenter yang dirilis antara tahun 1968 hingga 2015.

        Klub 27 adalah sebuah julukan terkenal untuk selebritas yang meninggal di usia muda dengan usia spesifik 27 tahun atau mendekati 27 tahun. Selain Janis Joplin, penyanyi lain yang wafat di usia muda adalah Robert Johnson sebagai yang pertama, Brian Jones yang adalah anggota The Rolling Stones, Jimi Hendrix, Jim Morisson dari The Doors, Kurt Cobain dari Nirvana, Amy Winehouse dan Kim Jonghyun dari boyband Korea Shinee.

       Penyebab kematian Robert Johnson tidak diketahui dengan pasti, Brian Jones diduga bunuh diri atau dibunuh istrinya, Kurt Cobain dan Kim Jonghyun bunuh diri, Jim Morisson akibat gagal jantung, Jimi Hendrix, Janis Joplin dan Amy Winehouse akibat overdosis narkoba. Meski ada selebritas lain yang meninggal di bawah usia lebih muda seperti Aaliyah (22), James Dean (24) atau di atas 30 dan 40 tahun, namun secara kebetulan cukup banyak yang wafat pada usia 27 dan umumnya semua adalah penyanyi dengan penyebab yang tragis dan tak terduga.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Janis_Joplin, https://kumparan.com/selidik/para-bintang-dunia-yang-menjadi-anggota-klub-27-1tUjK799PAF




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline