Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Sikh, Ajaran yang Dibentuk oleh Guru Nanak

Diperbarui: 30 Mei 2023   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Sikh_symbol.jpg

Sikh

Sikh adalah agama monoteistik yang dibentuk oleh Guru Nanak pada akhir abad ke-15 di India yang kaum prianya mudah dikenal karena memakai sorban dengan bentuk yang khas bernama dastar yang menutupi rambut yang tidak dipotong. Para lelaki umumnya memiliki nama tengah atau belakang Singh (singa) tapi tidak semua pria bernama Singh adalah penganut Sikh, para wanita bernama tengah atau belakang Kaur (Putri/Princess). Pemimpin tertinggi agama Sikh bergelar Guru yang diangkat oleh Guru sebelumnya sebagai penerus. Kaum Sikh pernah mendirikan negara bernama Kekaisaran Sikh dan jumlah umatnya saat ini lebih dari 30 juta orang di lima benua.

Tempat terpenting dan tersuci kaum Sikh adalah Harimandir Sahib yang dikenal juga dengan nama Kuil Emas Amritsar yang berlokasi di kota Amritsar, negara bagian Punjab. Di kuil ini pernah terjadi tragedi pada 6 Juni 1984 ketika pasukan militer India menyerbu kuil untuk menangkap pemimpin militan Sikh bernama Jarnail Singh Bhindranwale atas perintah Perdana Menteri Indira Gandhi. Kaum Sikh militan menduduki kuil sebagai bentuk perlawanan atas diskriminasi warga mayoritas Hindu. Tragedi ini menjadi pemicu terbunuhnya Indira Gandhi tanggal 31 Oktober 1984 oleh dua pengawalnya yang penganut Sikh.

Tokoh Sikh yang terkenal antara lain adalah Guru Nanak, istrinya Mata Sulakhni, kakaknya Bibi Nanaki, pejuang wanita Mai Bhago, Mata Sundri, Miss Universe 2021 Harnaaz Kaur Sandhu, penyair Rupi Kaur, tokoh nasional Indonesia Harbrinderjit Singh Dillon  (H.S. Dillon) dan atlet Indonesia peraih medali emas Asian Games Gurnam Singh.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sikhs, https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Sikhs, https://kumparan.com/kumparannews/orang-orang-sikh-di-indonesia, https://internasional.kompas.com/read/2017/06/06/19000011/hari.ini.dalam.sejarah.tentara.india.serbu.kuil.emas.di.amritsar?page=all




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline