Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Annie Leibovitz, Memotret John Lennon Sebelum Kematiannya

Diperbarui: 25 Mei 2023   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: https://commons.wikimedia.org/

Annie Leibovitz

        Annie Leibovitz (2 Oktober 1949) dikenal dengan karyanya yaitu foto John Lennon dan Yoko Ono yang dibuatnya pada hari yang sama saat John tewas yang dibuat tahun 1980 untuk sampul majalah Rolling Stone bulan Januari 1981 dan menjadi foto yang paling diingat olehnya. Foto lain adalah artis Demi Moore yang sedang hamil dalam pose bugil tahun 1991 dan Demi's Birthday Suit dengan tubuh Moore dicat berpola pakaian tahun 1992 untuk Vanity Fair.

        Saat berkuliah di San Francisco Art Institute, Leibovitz belajar melukis untuk menjadi guru. Setelah menekuni karya fotografi, haluannya berubah dan terinspirasi oleh karya Robert Frank dan Henri Cartier-Bresson. Pekerjaan pertamanya dimulai sebagai staf fotografer majalah Rolling Stone tahun 1970 dan ditunjuk oleh Jann Wenner menjadi fotografer utama tahun 1973 hingga 1983. Leibovitz lalu bekerja di Vanity Fair dan tahun 1998 pada Vogue dan sejumlah karya fotografi untuk berbagai media, perusahaan dan agenda penting.

        Leibovitz mengambil foto tokoh terkenal dari berbagai bidang seperti Ratu Elizabeth II, Miley Cyrus, grup musik Rolling Stones, Whoopi Goldberg, Arnold Schwarzenegger, keluarga Barack Obama, pembalap sepeda Lance Armstrong, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan yang sedang hamil, ilmuwan dan penulis Christopher Hitchens, Serena Williams dan lain-lain. Dia meraih penghargaan antara lain Commandeur de l'Ordre des Arts et des Lettres dari pemerintah Prancis (1991), ADC Hall of Fame (1999), The Lucie Awards (2003), Honorary Doctorate of Fine Arts dari Rhode Island School of Design (2018) dan lain-lain.

        Selain menekuni fotografi, Leibovitz juga menulis buku antara lain Photographs 1970-1990, Olympic Portraits, Women, Annie Leibovitz: At Work dan buku-buku lainnya. Library of Congress menyatakan dirinya sebagai Legenda Hidup, menjadi wanita pertama yang mengadakan eksibisi di Washington's National Portrait Gallery dan wanita pertama yang bereksibisi di National Portrait Gallery, London tahun 1991.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Annie_Leibovitz




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline