Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Katnis Everdeen, Protagonis Trilogi Novel Hunger Games

Diperbarui: 15 Mei 2023   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: https://hot.detik.com/movie/d-1874905/mengenal-karakter-katniss-everdeen-di-hunger-games

Katnis Everdeen

Suzanne Collins menulis trilogi novel Hunger Games dengan protagonis bernama Katnis Everdeen yang tinggal di Distrik 12 dari negara bernama Panem yang dikendalikan oleh Capitol. Novel distopia ini menceritakan kehidupan masyarakat yang dikendalikan pemerintah. Setiap tahun kedua belas distrik mengirim dua wakil pria dan wanita untuk bertanding berhadiah kekayaan seumur hidup dengan membunuh peserta dari distrik lain dan sesama distrik. Dia diperankan Jennifer Lawrence dalam adaptasi yang dibuat menjadi empat film.

Dalam buku dan film pertama (2008 dan 2012) Katniss menjadi peserta Hunger Games ke 74 menggantikan adiknya Primrose yang terpilih dan berangkat bersama Peeta Mellark yang menjadi peserta laki-laki. Dia menjadi juara bersama Peeta setelah menolak perintah Capitol untuk saling membunuh dan mengancam bunuh diri bersama lalu dianggap sebagai ancaman oleh pemimpin Capitol; Presiden Snow.

Dalam buku dan film kedua, Catching Fire (2009 dan 2013) dia dan Peeta mengadakan Tour Victory ke 11 distrik. Acara utama dalam buku adalah kompetisi para juara yang masih hidup dari 12 distrik yaitu Quarter Quell yang diadakan tiap 25 tahun. Mereka berkompetisi dan merencanakan pelarian ke Distrik 13 yang dianggap sudah tidak ada. Di akhir cerita Peeta tertangkap dan teman masa kecil Katniss, Gale Hawthorne, memberitahu kalau Distrik 12 sudah dihancurkan oleh Capitol tapi keluarganya selamat.

Dalam buku dan film terakhir, Mockingjay (2010 dan 2014-2015) Katniss dan beberapa juara yang selamat tinggal di Distrik 13 beserta penyintas lain. Dia bertemu dengan Presiden Alma Coin yang membuat rencana serangan ke Capitol dan menyelamatkan Peeta. Dalam buku ini terjalin cinta segitiga antara Katniss, Peeta dan Gale dan terungkapnya ambisi Alma Coin untuk menggulingkan Snow dengan segala cara termasuk mengorbankan penduduk. Salah satu korban adalah Prim, adik Katniss sehingga alih-alih membunuh Snow, dia membunuh Alma sebagai balas dendam dan mencegah penguasa jahat lain menggantikan Snow. Dia menikah dengan Peeta dan mempunyai dua anak.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Katniss_Everdeen




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline