Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

J. K. Rowling, Menyihir Dunia dengan Kisah Harry Potter

Diperbarui: 14 Mei 2023   05:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto: thetimes.co.uk

J. K. Rowling

Joanne Kathleen Rowling (31 Juli 1965) terkenal dengan novel fantasinya, Harry Potter yang terbit dalam tujuh judul antara tahun 1997 -- 2007 disertai buku tambahannya yang membahas tentang olah raga sihir, mahluk sihir dan cerita dongeng versi dunia sihir serta hal lain dalam dunia Harry Potter. 

Buku ini terjual dalam lebih dari 70 bahasa, diadaptasi ke delapan layar lebar dan sejumlah video game serta produk dagang lainnya. Rowling juga menulis sebuah novel dewasa berjudul Casual Vacancy (2012) yang menceritakan realita kehidupan remaja dan orang dewasa, serta serial detektif bernama Cormoran Strike dengan nama samaran Roberth Galbraith.

Sejak kecil Rowling dipengaruhi oleh ibunya yang mendorong kreatifitasnya mendongeng dan memberi buku bacaan. Dia belajar bahasa Prancis dan klasik yang menjadi fondasi ketrampilannya mengolah kata-kata dalam novel Harry Potter. 

Pertemuan ibu dan ayahnya di Stasiun King's Cross, temannya yang memiliki mobil Ford Anglia, teman bernama Potter, minatnya pada karya Jane Austen, Dickens, Tolkien dan lain-lain yang menjadi bahan dan inspirasi tulisannya.

Selain tujuh buku Harry Potter, Casual Vacancy dan seri Cormoran tidak terlalu sukses karena genre cerita yang lebih dewasa dan sejumlah dialog yang tidak cocok dibaca pembaca muda. 

Rowling menulis delapan buku sampingan Harry Potter antara lain Fantastic Beasts, Quidditch, The Tales of Beedle the Bard, Harry Potter and Cursed Child yang dibuat untuk drama dan lain-lain. 

Buku lainnya adalah The Ickabog (2020) dan The Christmas Pig (2021), buku-buku non fiksi serta menjadi penulis skenario tiga film layar lebar Fantastic Beasts.

Kesuksesan komersial dan ketrampilan menulisnya mendapat pengakuan dan penghargaan antara lain British Book Awards, Hugo Award for Best Novel, menerima gelar OBE, Spanish Prince Asturias for Concord, Chevalier de la Lgion d'Honneur, gelar kehormatan dari University of Exeter dan Harvard dan penghargaan lainnya. Rowling juga aktif melakukan kegiatan filantropis antara lain untuk panti asuhan, penelitian medis dan bantuan untuk pandemi COVID-19.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/J._K._Rowling




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline