Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Frida Kahlo, Pelukis Meksiko dengan Karya yang Lahir dari Tragedi Hidupnya

Diperbarui: 10 Mei 2023   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber File: Frida_Kahlo,_by_Guillermo_Kahlo

Frida Kahlo

 

       Frida Kahlo de Rivera atau Magdalena Carmen Frida Kahlo y Calderon (6 Juli 1907 -- 13 Juli 1954) adalah pelukis Meksiko yang terkenal dengan lukisan dirinya yang berjudul Thorn Necklace and Hummingbird Karyanya dianggap sebagai simbol tradisi nasional dan masyarakat adat Meksiko dan oleh kaum feminis dianggap sebagai penggambaran tanpa kompromi dari wujud dan pengalaman perempuan. Saat usia 8 tahun dia terkena polio dan di usia 18 tahun menjadi korban kecelakaan bis sehingga menderita sakit seumur hidup dan lebih sering tinggal di rumah. Selama masa pemulihan dia menekuni hobi seni masa kecilnya dan tercetus ide menjadi seniman.

        Sebelum kecelakaan yang membuatnya sering mengalami rasa sakit permanen, Kahlo sempat kuliah kedokteran. Setelah sering masuk rumah sakit untuk dirawat, dia mulai menekuni seni lukis dan sering membuat potret diri karena sering sendirian dan menjadi subjek karyanya sendiri. Dari 143 karyanya, 55 adalah potret diri dengan gaya yang dipengaruhi serta simbolisme dan budaya Meksiko serta agama Yahudi dan Kristen. Kahlo belajar melukis secara otodidak disebabkan kondisi fisiknya sehingga hasil lukisannya berbeda dari pelukis yang belajar secara formal.

Sumber Gambar: https://www.mfa.org/

        Dia berkenalan dengan pelukis Diego Rivera dan menikah tahun 1929 tanpa restu ibu Kahlo. Keduanya temperamental sehingga membuat pernikahan mereka bermasalah diiringi perselingkuhan Rivera yang biseksual. Mereka bercerai tahun 1939 setelah Kahlo mengetahui Rivera berselingkuh dengan adiknya tapi menikah lagi setahun kemudian meski mereka sering ribut kembali hingga harus tinggal terpisah. Karena cedera akibat kecelakaan, Kahlo tidak mampu mempunyai keturunan.

        Kahlo wafat tahun 1954 di usia 47 tahun dengan dugaan akibat penyakit yang dideritanya tanpa pernah diotopsi. Abunya disimpan dalam guci dan dipamerkan di bekas kediamannya La Casa Azul (Rumah Biru) di Coyoacn yang menjadi museum bernama Museo Frida Kahlo sejak tahun 1958 yang berisi karyanya dan artefak dari kehidupan pribadinya. Kahlo menjadi terkenal di dunia berkat pameran karyanya di Eropa dan Amerika, sejumlah film, judul lagu, perangko Amerika, uang 500 peso Meksiko bersama Rivera dan lain-lain.

        Lukisan yang dibuatnya antara lain karya pertamanya Tray with Poppies (1924), Still Life (1925), Self-Portrait -- Time Flies (1929), Frieda and Diego Rivera (1931), Memory, The Hearts (1937), Self-Portrait with the Monkey (1938), The Two Fridas (1939), The Wounded Table (1940), The Broken Column (1944), The Wounded Deer (1946) dan karya terakhirnya Viva la Vida, Watermelons (1954).

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Frida_Kahlo

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_paintings_by_Frida_Kahlo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline