Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Cleopatra, Ratu Mesir Paling Terkenal di Dunia

Diperbarui: 4 Mei 2023   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: wikimedia.org

Cleopatra

 

Cleopatra (69 SM -- 10 Agustus 30 SM) adalah salah satu tokoh sejarah terkenal di dunia lewat hubungannya dengan Julius Caesar dan Marcus Antonius dari Republik Romawi. Dia adalah keturunan Dinasti Ptolemeus dari Ptolemy I Soter, jendral Alexander Agung yang mewarisi wilayah Mesir. 

Cleopatra VII Philopator adalah penguasa Mesir terakhir sebelum negaranya menjadi provinsi Kekaisaran Romawi. Dia mewarisi takhta setelah ayahnya, Ptolemy XII Auletes wafat tahun 51 SM bersama adiknya, Ptolemy XIII, sebagai penguasa bersama.

Perselisihan keduanya membuat perang saudara di Mesir sementara Romawi mengalami perang saudara antara Caesar melawan Pompey yang melarikan diri ke Mesir. 

Pompey dibunuh Ptolemy XIII yang kemudian dibunuh oleh pasukan gabungan Caesar dan Cleopatra yang bersama adiknya, Ptolemy XIV menjadi penguasa bersama. Dia dan Caesar memiliki putra bernama Caesarion dan tinggal di vilanya hingga kematian Caesar tahun 44 SM dan kematian adiknya, Ptolemy XIV (atas perintah Cleopatra). Dia menjadi penguasa Mesir bersama putranya yang dinamai Ptolemy XV Caesar.

Pasca kematian Caesar dan Perang Saudara Liberator, Cleopatra berhubungan dekat dengan Marcus Antonius, satu dari tiga Triumvirat dan memiliki tiga anak; Alexander Helios, saudari kembarnya Cleopatra Selene II dan Ptolemy Philadelphus. 

Antonius menceraikan istrinya, Octavia Minor, saudari Octavianus, salah satu Triumvirat dan menikahi Cleopatra yang menjadi salah satu alasan timbulnya perang saudara terakhir Republik Romawi. Pasukan Octavianus menang melawan pasukan Antonius yang kemudian bunuh diri. Mendengar kabar kematian suaminya, Cleopatra bunuh diri dengan racun.

Caesarion dieksekusi atas perintah Octavianus yang menjadi kaisar pertama Kekaisaran Romawi dengan Mesir menjadi provinsinya. Nasib kedua putranya yang lain tidak tercatat dalam sejarah setelah perayaan kemenangan Octavianus. Cleopatra Selene II dijodohkan dengan penguasa Mauretania, Juba II dan memiliki putra bernama Ptolemy dari Mauretania yang menjadi keturunan terakhir Dinasti Ptolemaik.

Cleopatra merupakan tokoh dan subyek terkenal sepanjang sejarah yang menjadi sumber inspirasi karya sastra, patung lukisan, drama Shakespeare dan beberapa film. Salah satunya yang terkenal adalah Cleopatra (1963) yang diperankan oleh Elizabeth Taylor dan Richard Burton sebagai Marcus Antonius dan Rex Harrison sebagai Caesar.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Cleopatra




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline