Lihat ke Halaman Asli

vhalespi

penulis dan wiraswasta

Wanita Pemenang Penghargaan Nobel 1901-2022

Diperbarui: 3 Mei 2023   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: https://abcnews.go.com/

Pemenang Nobel Wanita

Hadiah Nobel adalah penghargaan yang diberikan oleh Kerajaan Swedia dan Kerajaan Norwegia untuk lima bidang yaitu Sastra, Fisika, Kimia, Perdamaian, Fisiologi atau Kedokteran yang dimulai sejak tahun 1901 hingga sekarang. Penghargaan di bidang Ekonomi dimulai pada tahun 1969 dan namanya diganti menjadi Ilmu Sosial dan Politik di tahun 1995.

Selama 122 tahun penghargaan ini telah diberikan kepada 954 orang dan 27 organisasi. Hanya 60 wanita yang telah menerima Nobel hingga saat ini dibandingkan lebih dari 890 pria. Marie Curie menjadi wanita pertama yang meraih Nobel bersama suaminya Pierre Curie dan rekan mereka Henri Becquerel dalam bidang Fisika dan mendapat lagi dalam bidang Kimia, membuat menjadi satu-satunya wanita yang meraih Nobel dua kali dari dua kategori.

Di bawah ini adalah daftar nama wanita pemenang Nobel, asal negara dan bidang yang dimenangkan berdasarkan urutan secara kronologis. Tidak setiap tahun ada wanita yang memenangkan Nobel dan tahun 2009 menjadi satu-satunya tahun wanita mendominasi jumlah penghargaan dibanding laki-laki.

No

Nama

Lahir -- Meninggal

Kategori

1

Marie Curie (Polandia --Prancis)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline