Lihat ke Halaman Asli

Veronika Gheda Rangga

Universitas Katolik Weetebula

Peran Filsafat Pendidikan Sebagai Studi Teoritis dan Studi Praktis

Diperbarui: 3 Oktober 2023   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang peran filsafat sebagai studi teoritis dan praktis. Seperti yang kita ketahui, secara umum filsafat di bagi menjadi dua bagian yaitu filsafat teoritis dan filsafat praktis.

Filsafat pendidikan sebagai studi teoritis membahas tentang definisi filsafat dan Pendidikan, pentingnya filsafat dalam Pendidikan, dan hubungan filsafat dengan Pendidikan.

Sedangkan, filsafat praktis membahas tentang hubungan filsafat dengan aspek-aspek Pendidikan seperti dasar dan tujuan Pendidikan, guru dan peserta didik, kurikulum, sistem Pendidikan, pembentukan karakter, dan sumber daya manusia.

Mengapa kita perlu mempelajari filsafat pendidikan sebagai studi teoritis dan praktis?

Filsafat pendidikan sebagai studi teoritis

 

Secara definisi filsafat dan pendidikan. Filsafat pendidikan adalah unsur terpenting dalam pengintegrasian pendidikan melalui kebijakan kurikulum, pengelolaan kegiatan belajar dan peningkatan kompetensi pendidik.

Secara urgensi filsafat Pendidikan. Kita sangat memerlukan suatu ilmu yang sifatnya memberikan pengarahan atau ilmu pengarahan.

Dengan ilmu tersebut manusia akan dibekali suatu kebijaksanaan yang didalamnya memuat nilai-nilai kehidupan yang sangat diperlukan oleh manusia. Seperti, manusia lebih manjadi manusia yang dapat menghargai orang lain, semakin berkepribadian, memandang segala sesuatu dengan luas dan bijak, memiliki wawasan yang luas tentang Pendidikan, dan semakin ditantang dengan kemajuan teknologi.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline