Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Metode Ilmiah Untuk Membangkitkan Minat, Mendorong Kreativitas, Dan Pemahaman Siswa Dalam Mempelajari Pencemaran Lingkungan, Serta Sebagai Upaya Untuk Mengajari Siswa Peduli Terhadap Lingkungan

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dewasa ini global warming dan masalah lingkungan lainnya menjadi isu yang besar. Selama ini sebagian besar guru mengajarkan materi “Metode Ilmiah” dan “Pencemaran Lingkungan” secara terpisah. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Karangturi Semarang, pada semester I tahun ajaran 2011  - 2012 ini bertujuan untuk menarik minat dan mendorong kreativitas siswa, serta siswa menemukan makna dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan sikap ke arah positif dalam diri siswa.
Metode Ilmiah terkadang hanya diajarkan secara teori saja. Siswa hanya menghafal langkah – langkah atau tahap – tahap Metode Ilmiah, tanpa menemukan makna dan memahami penerapannya. Begitu pula materi “Pencemaran Lingkungan”, Juga sering diajarkan secara teori saja. Biasanya hasil dari pembelajaran tersebut belum banyak ada perubahan sikap dari siswa untuk peduli terhadap lingkungan.
Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk bisa menerapkan teori, yaitu melaksanakan penelitian sederhana. Pada awal pembelajaran, guru menjelaskan kepada siswa tentang prinsip – prinsip dan langkah – langkah metode ilmiah. Kemudian siswa dibagi ke dalam kelompok – kelompok kecil. Tiap kelompok melakukan penelitian sederhana dengan tema pencemaran lingkungan. Di Akhir kegiatan tersebut, siswa membuat laporan hasil penelitian, disertai kesimpulan dan saran.
Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan ini antara lain, siswa menunjukkan minat dan antusias yang tinggi selama peoses pembelajaran, siswa menunjukkan kreativitas dan mampu berpikir kritis, analitis, dalam menentukan judul, merancang penelitian, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan, terjadi perubahan sikap dalam diri siswa, yaitu lebih  peduli terhadap lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline