Lihat ke Halaman Asli

Vernanda Kholiqul Bahru Rizki

mahasiswa yang senang beradaptasi

Vitamin untuk Melancarkan BAB? Emang Ada?

Diperbarui: 17 Februari 2023   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Freepik

Apakah pernah terjadi pada Anda, kesulitan dalam proses buang air besar seperti sembelit atau konstipasi? Jika iya, salah satu alternatif solusi yang bisa dipilih yaitu mengonsumsi vitamin yang berfungsi untuk melancarkan BAB.

Walaupun umumnya tidak berbahaya, namun sembelit yang parah harus diwaspadai karena dapat menimbulkan gejala lanjutan seperti pendarahan dari bagian rektum, sakit perut yang berkelanjutan, mual, muntah, dan sebagainya.

Selain meningkatkan asupan air putih dan makanan yang kaya serat, konsumsi beberapa jenis vitamin tertentu juga dapat membantu melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Oleh karena itu, kenali jenis-jenis vitamin yang dapat membantu mengatasi sembelit dan mempercepat proses BAB Anda.

Baca Juga: Kenali 7 Vitamin untuk Melancarkan BAB 

Simak nih, 5 Vitamin untuk Melancarkan BAB 

Sejumlah vitamin dapat meringankan konstipasi, namun beberapa vitamin lainnya justru berpotensi menyebabkan sembelit. Agar tidak salah pilih, simak jenis-jenis vitamin yang sesuai berikut ini.

Beberapa vitamin yang meringankan masalah pencernaan Anda akan sangat baik jika dosis sesuai, namun vitamin lainnya justru berakibat sembelit. Simak vitamin untuk melancarkan BAB berikut ini.

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1, atau tiamin, dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit karena berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Vitamin ini membantu memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk tubuh. Selain itu, tiamin juga membantu meningkatkan fungsi saraf dan otot, termasuk otot pencernaan yang memproses makanan.

2. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5, atau asam pantotenat, juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit. Vitamin ini berperan dalam proses metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, serta membantu memecah makanan menjadi nutrisi yang dapat dicerna oleh tubuh. Selain itu, asam pantotenat juga membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan dan memperbaiki kesehatan usus.

3. Vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin B9, atau asam folat, dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit dengan memperbaiki fungsi usus. Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel-sel darah dan memperbaiki sel-sel dalam saluran pencernaan. Selain itu, asam folat juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kesehatan usus.

4. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit dengan meningkatkan produksi asam lambung dan meningkatkan gerakan usus. Vitamin ini juga membantu memperbaiki kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Vitamin B12 (Kobalamin)

Pilihan vitamin untuk melancarkan BAB yang berikutnya, Anda bisa mencoba vitamin B12 atau kobalamin. Nutrisi satu ini memegang peran penting dalam berbagai reaksi seluler, serta diperlukan untuk mengubah koenzim folat menjadi bentuk aktif untuk reaksi metabolisme tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline