Lihat ke Halaman Asli

Vernanda Kholiqul Bahru Rizki

mahasiswa yang senang beradaptasi

Ini Dia Vitamin untuk Melancarkan Aliran Darah Tubuh Anda

Diperbarui: 17 Februari 2023   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik

Meningkatkan aliran darah sangat penting untuk mencapai kesehatan tubuh yang optimal. Tidak cukup hanya dengan gaya hidup sehat, namun suplemen atau vitamin dibutuhkan sebagai pendukung utama.

Suplemen ini dapat diperoleh melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau dapat diambil secara langsung dalam bentuk pil atau tablet. Apa saja suplemen dan vitamin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah? Mari kita cari tahu!

Baca Juga: 7 Vitamin dan Suplemen yang Membantu Melancarkan Aliran Darah 

Lancarkan Aliran Darah dengan 5 vitamin dan suplemen ini!

Ketidak lancaran aliran darah dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan menurunkan kinerja otak karena suplai darah yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menambah dan membantu kelancaran aliran darah dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen di bawah ini.

1. Vitamin B3

Jika Anda mengonsumsi vitamin B3, akan memperlancar sirkulasi darah dengan baik. Vitamin B3 akan menurunkan resiko kolesterol jahat, meminimalisir peradangan di pembuluh darah, dan meningkatkan fungsinya untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh Anda.

Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau gangguan pencernaan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin B3 dalam bentuk suplemen. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin B3 dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti mual, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

2. Omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal dapat meningkatkan kelancaran aliran darah dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Omega-3 juga dapat mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang berbahaya. Selain itu, Omega-3 juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan pada tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Jika sulit untuk mendapatkan asupan Omega-3 dari makanan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen Omega-3 setelah berkonsultasi dengan dokter. Namun, perlu diingat bahwa suplemen Omega-3 tidak menggantikan asupan makanan sehat dan seimbang, sehingga tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya Omega-3 secara teratur. 

3. Vitamin E

Jenis vitamin E juga berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi darah dengan cara meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah dan membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline