Lihat ke Halaman Asli

Survey Mendalam, KKN-T MBKM 101 UPN Veteran Jatim Turut Serta dalam Pencegahan Stunting di Kelurahan Bandarasri

Diperbarui: 16 Maret 2022   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa UPN VETERAN JATIM melalui program KKN-T MBKM kelompok 101 berupaya untuk menekan kasus stunting sedini mungkin terhadap anak-anak sejak dalam kandungan hingga bayi lahir. 

Stunting adalah kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama. 

Penyebab stunting antara lain kekurangan gizi kronis selama 1000 HPK, faktor ketahanan pangan, lingkungan sosial, pola asuh, pengobatan, dan lain-lain.

Menurut data penelitian Dinas Kesehatan Pemerintah Pusat  jumlah kasus stunting  anak mencapai sekitar 30,5 persen atau sepertiga dari total jumlah anak di wilayah Kabupaten Mojokerto. 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan kasus stunting dapat terjadi secara permanen apabila tidak dicegah sejak dini yaitu 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Dokpri

Dengan ditempatkannya kelompok KKN 101 UPN Veteran Jawa Timur di Desa Bandarasri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, diharapkannya dapat turut serta mengurangi angka stunting dengan program kerja yang nantinya akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan mulai dari tanggal 21 Maret 2022. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline