Lihat ke Halaman Asli

Program Bidik Misi Strategi Menuju Pendidikan Berkualitas

Diperbarui: 2 April 2024   14:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setiap warga Negara Republik Indonesia berhak untuk mendaptkan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pilar fundamental dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan itu sendiri mempunyai peranan yang sangat penting, dimana akses pendidikan yang merata dan berkualitas menjadi kunci guna mewujudkan suatu sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan juga kompetitif. Dengan adanya pendidikan, maka kesenjangan sosial dan ekonomi masyarakat akan berkurang dan menumbuhkan kesadaran tanggung jawab sosial. Agar proses pendidikan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka harus dikelola dengan manajemen yang baik.

Pendidikan juga mempunyai dampak yang signifikan ke pertumbuhan ekonomi negara. Tak hanya dalam produktivitas, pendidikan berperan meningkatkan kemampuan Masyarakat. Namun, kenyataannya di lapangan seringkali menunjukkan bahwa akses pendidikan masih belum merata, terutama untuk masyarakat dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu.

Kondisi ekonomi dan sosial yang timpang masih menjadi hambatan bagi sebagian masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Ketimpangan pendidikan di Indonesia masih menjadi permasalahan yang kompleks dan multidimensi. Hal ini ditandai dengan kesenjangan akses dan kualitas pendidikan antara kelompok masyarakat yang berbeda, baik secara ekonomi, geografis, sosial budaya, maupun gender. Adapun factor ekonominya yaitu kesenjangan pendapatan yang tinggi antara kelompok kaya dan miskin menyebabkan akses pendidikan yang tidak merata dan biaya pendidikan yang terus meningkat membuat pendidikan menjadi sulit dijangkau bagi keluarga kurang mampu.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi pada situasi ini, pemerintah Indonesia memperkenalkan Program Bidik Misi (sekarang dikenal sebagai KIP Kuliah) yang hadir sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan dan mewujudkan kesetaraan dalam akses pendidikan. Program ini dibuat dengan tujuan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Program beasiswa Bidikmisi ini adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditunjukkan kepada calon mahasiswa yang tidak mampun dalam segi perekonomian dan mempunyai potensi di bidang akademik, baik saat menempuh pendidikan perguruan tinggi di program studi unggulan sampai lulus tepat pada waktunya. Program Bidik Misi/KIP Kuliah ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2010 dan diberikan sejak calon mahasiswanya diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk Diploma IV dan juga S1, serta 6 semester untuk Diploma III.

Bidik Misi ini mencakup pembebasan seluruh biaya pendidikan perguruan tinggi, termasuk SPP perbulan dan uang pangkalnya. Tidak hanya itu, para penerima Bidik Misi ini juga mendapatkan uang saku Rp.600.000 setiap 6 bulan sekali. Namun, apabila mahasiswa penerima Bidikmisi tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan perguruan tinggi seperti memperoleh Indeks Prestasi (IP) minimal 3,00 dan jika mahasiswa tersebut mendapatkan IP dibawah 3,00, maka pemberian beasiswa Bidikmisi ini akan diberhentikan.

Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang terbukti memberikan keterangan data diri yang tidak benar setelah diterima di perguruan tinggi, yang mengundurkan diri, yang lulus kurang dari masa studi yang ditetapkan dan penggantian penerima beasiswa Bidikmisi ke mahasiswa yang lain.

Adapun beberapa alasan mengapa Program Bidik Misi/KIP Kuliah dapat berperan sebagai instrumen kesetaraan dalam akses pendidikan dengan, meningkatkan akses pendidikanProgram Bidik Misi/KIP Kuliah telah membantu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi, terutama bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Data menunjukkan bahwa jumlah penerima Bidik Misi/KIP Kuliah yang diterima di perguruan tinggi terus meningkat setiap tahunnya, kemudian memperkuat kesetaraan dimana Program Bidik Misi/KIP Kuliah memberikan kesempatan yang sama bagi siswa dari berbagai latar belakang ekonomi untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Hal ini tentunya membantu mengurangi kesenjangan pendidikan dan meningkatkan mobilitas sosial.

Tidak hanya itu, Program Bidik Misi/KIP Kuliah berperan juga dalam  meningkatkan kualitas pendidikan yang mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi akademik mereka dan dapat dilihat dari meningkatnya IPK dan kelulusan tepat waktu pada penerima Bidik Misi/KIP Kuliah, lalu membantu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga kurang mampu dimana dengan mendapatkan pendidikan tinggi, penerima Bidik Misi/KIP Kuliah memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup keluarganya, serta membantu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa dari keluarga kurang mampu untuk meraih cita-cita mereka.

Program Bidik Misi/KIP Kuliah tentunya mempunyai dampak positif diantaranya dengan meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi dari keluarga yang kurang mampu, kemudian meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), mampu untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial serta memperkuat demokrasi dan pembangunan bangsa. Penerima Bidikmisi akan terjamin dan dapat mengikuti pendidikan tanpa memikirkan biaya lagi.

Dimana, hal ini akan membuat mahasiswa membangun jiwa generasi muda mereka untuk berpacu menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan juga mendorong mereka agar dapat melakukan inovasi kreatif yang baik dan bermanfaat. Diharapkan dengan adanya program Bidikmisi ini, mahasiswa mempergunakan program ini dengan baik untuk menunjang pendidikan selama menempuh pendidikan dan kebutuhan lainnya yang menunjang perkuliahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline