Oleh: Vera Syukriana, S.Pd
Pembelajaran tatap muka adalah hal yang sangat diharapkan. Informasinya sangat ditunggu-tunggu oleh semua peserta didik. Sama halnya dengan menunggu hasil belajar atau penerimaan rapor semester.
Penerimaan rapor semester adalah hal yang ditunggu-tunggu setiap peserta didik, terutama orang tua peserta didik. Banyak mereka yang mengharapkan nilainya memuaskan.
Tak jarang orang tua menanyakan perkembangan belajar anaknya. Seperti yang kita ketahui bahwa
pembelajaran jarak jauh kurang efektif dan penilaiannya tidak murni.
Kenapa tidak murni?
Sebab, peserta didik menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru tidak murni pemikiran mereka sendiri. Sebagian besar dari mereka mengandalkan bantuan orang tua atau kakak yang menjadi pendampingnya saat belajar di rumah.
Faktanya pada kelas 6 tahun ajaran 2020/2021. Mereka belum pernah tatap muka sejak awal kenaikan kelas.
Kedekatan dengan guru pun belum mereka rasakan seperti halnya yang mereka peroleh saat kelas 5. Mereka merasakan sentuhan secara langsung dari guru kelas.
Sedangkan, pandekatan yang dilakukan guru saat pembelajaran jarak jauh yaitu dengan memberikan perhatian dan semangat. Meskipun hanya melalui media sosial seperti pesan pribadi, melalui Whattsup grup, dan pertemuan singkat saat mereka mengantarkan tugas sekali seminggu.
Mereka merasakan kedekatan yang menumbuhkan kerinduan mereka untuk belajar tatap muka. Rindu terhadap guru, teman-temannya, dan merindukan suasana di sekolah.