Lihat ke Halaman Asli

Verawati Suma

Author dan Praktisi Pendidikan

Apresiasi "Penambah Imun"

Diperbarui: 18 Januari 2024   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Halooo Kompasianers...

Sering kita mendengar ucapan "Selamat ya! kamu hebat" atau mungkin "Wah keren guys ! tidak semua orang bisa lho" atau Standing Applause dari orang-orang dalam mengekspresikan perasaan untuk memberikan penghargaan.  Atau kamu pun mungkin pernah mendapat ucapan-ucapan yang positif saat berhasil menyelesaikan sesuatu yang rumit entah itu memenangkan kompetisi ataupun menciptakan hasil karya sendiri.

Sadar atau tidak, ucapan-ucapan ringan yang positif dan tulus akan sangat berdampak pada kondisi mental seseorang, yang tadinya tidak percaya diri bisa jadi lebih mantap melakukan sesuatu yang baik. Sikap menghargai dalam bentuk pernyataan atau tindakan itu biasa disebut dengan APRESIASI.

Ada banyak pakar yang menjelaskan tentang pengertian Apresiasi, salah satunya dari Veerbeek dengan teorinya  : 

"Apresiasi adalah suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang"

Saya relate dengan teori tersebut karena dari pengalaman saya saat beberapa kali menyaksikan perform baik dari teman, anak didik bahkan artis sekalipun, dimensi emosional saya benar-benar menghayati dan biasanya disaat yang sama apresiasi itu akan muncul dengan sendirinya sesuai dengan "feel" yang saya rasakan saat itu. Fyi..saya bukan tipe yang pasif agresif dalam memberikan apresiasi.

Oh iya, perlu dibedakan juga jenis apresiasi guys, misalnya ada yang mengapresiasi dari segi kualitas luar saja, ada yang mengapresiasi karena pengamatan yang dalam, contohnya kita menonton film dan ikut hanyut dalam cerita didalamnya, ada juga apresiasi kritikan yang banyak kita temukan dalam ajang pencarian bakat seperti Indonesian Idol.

Memberikan apresiasi yang tulus kepada orang lain dapat menciptakan positive vibes serta semangat baru. Dan bagi penulis sendiri Apresiasi itu dapat meningkatkan imun beribu kali lipat. 

Jadi menurut kompasianer apresiasi jenis apa yang cocok untuk tulisan saya ini ?....hahahaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline