Lihat ke Halaman Asli

Vera Shinta

Kompasianer Brebes Community' (KBC)

"Nandur Makmur" Penanaman 5000 Bibit Pohon di Bukit Maribaya sebagai Wujud Semangat Sumpah Pemuda

Diperbarui: 29 Oktober 2020   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Boy Purwanto

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10) Relawan Lingkungan Hidup Dan Bencana Alam (RELICA) Tonjong dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) lintas rayon Kabupaten Brebes menggagas ide penanaman  5000 bibit pohon di bukit Maribaya.

Bukit Maribaya berada di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes merupakan daerah yang masih banyak padang rumput namun jarang pepohonan besar. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai unsur relawan dari para barista, Bumdes, travel, pecinta alam, karang taruna dan berbagai komunitas lain yang ada di wilayah Brebes.

Penanaman pohon / dok. Budi Junianto

Kegiatan diawali sejak hari selasa (27/10) dengan mengadakan kemah di bukit Maribaya dan paginya dilanjutkan dengan penanaman pohon. Kegiatan ini tetap atas ijin para pejabat yang berwenang dan mengikuti protokol kesehatan. 

Dengan slogan "satukan hati, tanam tak henti" mereka semangat menanami pohon demi anak cucu nanti. Semakin banyak yang mendukung maka semakin banyak pohon yang di tanam dan semakin luas lahan terselamatkan. Yang ditanam seperti pohon trembesi, ketapang, kedondong dan sebagainya berpokok besar.

Upaya ini memang untuk mencegah tanah longsor dan memanfaatkan lahan agar produktif serta bermanfaat. Semangat sumpah pemuda telah melekat pada hati para pemudi Indonesia di seluruh pelosok nusantara.

Pemuda semangat

Rakyat sehat

Indonesia selamat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline