Lihat ke Halaman Asli

Vera Shania

mahasiswa

Pentingnya Memahami Bagaimana Strategi Pemasaran dan Tujuan Perusahaan

Diperbarui: 27 Desember 2021   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGNYA MEMAHAMI BAGAIMANA STRATEGI PEMASARAN DAN TUJUAN PERUSAHAAN

assalamualaikum Wr.Wb

saya Vera Shania mahasiswa dari UIN SMH Banten prodi Ekonomi Syariah membuat artikel ini untuk memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Ganjil Manajemen Pemasaran Sayariah dengan Dosen Pengampu Dr. h. Saeful Bahri S. Ag., M.M.

Strategi merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan  bersaing yang biasanya digunakan. Stratergi juga biasanya digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan berupa jangka panjang. Sudah tidak asing lagi dalam kegiatan ekonomi sudah pasti terdapat marketing atau pemasaran suatu produk. Nah, disini kita perlu strategi untuk mencapai tujuan yang telah terfokuskan berupa penyusunan suatu cara atau upaya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi seperti unsur strategi pemasaran yang berupa; Segmentasi Pasar (Proses Membagi), Targeting (Tindakan Memilih), Positioning.

Selain memahami bagaimana pentingnya strategi kita juga perlu mengetahui manajemen pemasaran agar dapat memahami konsumen dengan sedemikian rupa dengan begitu produk yang dijual akan cocok dan sesuai dengan keinginan konsumen karena biasanya para konsumen akan merasa nyaman oleh pelayanan yang baik sehingga produk akan terjual dengan mudah. Manajemen pemasaran memiliki tujuan utama yaitu sebagai berikut ;

  • Jangka Pendek adalah Mendapatkan keuntungan secepat mungkin merupakan tujuan jangka pendak. Maksudnya dapat meminimalisir semua ongkos produksi yang digunakan dan ketika ada kelebihan maka disebutkan laba.
  • Jangka Menengah bertujuan yaitu berupaya mencapai titik impas antara total ongkos produksi dan total volume penjualan, memperluas jaringan promosi, serta berupaya lebih keras memperluas cakupan pasar penjualan.
  • Jangka Panjang biasanya Pada jangka panjang perusahaan memperjuangkan para pembeli tetap agar selalu loyal dengan produk perusahaan. Seperti dengan produk kreatif, inovatif dan berdaya guna lebih serta memberikan diskon khusus bagi pelanggan.

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan serta tujuan yang berbeda agar lebih maju dan berkembang. Namun perusahaan tidak akan maju apabila tidak mampu membangun dan memaksimalkan strategi, dengan begitu perlunya upaya kinerja yang baik  dan strategi  yang tertata untuk meningkatkan dan mempertahankan pemasaran dalam perusahaan.

" People will forget what you said . People will forget what you did . But people will never forget how you made them feel ".Dr.H.SyaefulBahri

Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline