Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Gejala Trust Issues

Diperbarui: 14 Januari 2022   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://img00.deviantart.net/4041/i/2015/270/f/9/trust_issues_by_jklind-d9b5fzl.jpg

Trust Issues adalah ketakutan diri terhadap mempercayai orang dan meragukan kesetiaan seseorang kepadanya. Akibatnya, orang tersebut akan selalu merasa gelisah dan berfikiran negatif dengan apapun yang dilakukan orang sekitarnya.

Hal ini termasuk persoalan serius dan biasanya harus melakukan beberapa tindakan medis seperti konsultasi ke psikater. Karena jika tidak, dikhawatirkan orang tersebut akan terlalut dalam masalahnya dan membuat keadaan psikisnya memburuk.

Biasanya hal ini terjadi karena pengalaman masa lalu atau trauma yang pernah dikhianati atau dilukai oleh orang terdekatnya sehingga ia tidak mudah percaya lagi ke semua orang, bahkan berfikiran terlalu jauh.

Tanda Orang Memiliki Trust Issues

Mudah Curiga

Jika pada umumnya manusia memiliki rasa curiga akan sesuatu yang ganjal, tetapi tidak dengan penderita trust issues ini. Ia akan mencurigai segala tindakan yang ada di sekitarnya sekecil apapun baik itu kepada orang yang kita kenal atau orang asing.

Biasanya rasa curiga muncul karena orang yang dicurigai ini memiliki kepribadian, ciri fisik, atau tindakan yang mirip dengan orang yang dulu pernah mengkhianati atau melukainya.

Memberi Jarak Hubungan

Seseorang yang mengalami trust issues akan mengindari hubungan mendalam atau intim seperti sahabat atau orang yang bisa di percaya. Sehingga komunikasinya hanya sebatas hal-hal penting saja, tidak akan memperpanjang pembicaraan atau berusaha dekat lebih jauh.

Menurutnya tindakan ini adalah cara untuk berlindung dari pengkhianatan karena dengan minimnya interaksi akan mengurangi potensi melukainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline