Survey: SEL.07.2-T5-1. Mulai Dari Diri
Soal 1
Apa saja yang harus dievaluasi untuk pembelajaran berdiferensiasi?
Untuk melakukan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi, beberapa aspek yang perlu dievaluasi antara lain:
1. Proses Pembelajaran:
- Efektivitas strategi dan teknik pembelajaran yang digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan beragam siswa.
- Relevansi materi pembelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa.
- Tingkat keterlibatan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
2. Hasil Belajar:
- Pencapaian tujuan pembelajaran oleh setiap siswa, baik secara individual maupun kelompok.
- Penilaian terhadap pemahaman dan penguasaan konsep oleh siswa.
- Perbandingan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi dengan yang tidak.
3. Karakteristik Siswa:
- Pemahaman terhadap kebutuhan, minat, dan gaya belajar masing-masing siswa.
- Evaluasi terhadap kemajuan dan perkembangan individual siswa seiring dengan waktu.
4. Tanggapan Siswa:
- Penilaian terhadap persepsi siswa terhadap pembelajaran berdiferensiasi.
- Pengukuran tingkat kepuasan siswa terhadap pengalaman belajar mereka.
- Pengumpulan masukan dan umpan balik dari siswa mengenai keberhasilan strategi pembelajaran yang diterapkan.
5. Kesiapan Guru:
- Penilaian terhadap kesiapan guru dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran berdiferensiasi.
- Evaluasi terhadap keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan berbagai strategi dan teknik pembelajaran berdiferensiasi.
Evaluasi terhadap aspek-aspek tersebut membantu guru dalam memahami efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta pencapaian siswa.
Soal 2
Bagaimana cara Anda memastikan bahwa Anda sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
Untuk memastikan bahwa saya telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik, saya melakukan langkah-langkah berikut: